Sebelum Lakukan Vaksinasi Dinkes Lakukan Sosialisasi

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Vaksinasi gelombang pertama di Kabupaten Mimika Dinas kesehatan (Dinkes) bersama kelompok kerja (Pokja) Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) lakukan sosialisasi pelaksanaan Vaksinasi Covid 19. Sosialisasi itu diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan (Nakes) baik pemerintah maupun swasta yang dilaksanakan di hotel Grand Tembaga, Sabtu (16/1).

Tujuan dari sosialisasi tersebut untuk menyamakan persepsi bagaimana langkah pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid 19. Selanjutnya bagaimana mekanisme teknis pelaksanaan vaksinasi. Kemudian untuk memantau hasil dari pelaksanaan vaksinasi.

Bacaan Lainnya

Sedangkan tujuan dari dilakukan vaksinasi sendiri adalah untuk mengurangi transmisi atau penularan virus Covid 19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid 19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat dari Covid 19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Kepala Dinkes Mimika Reynold Ubra saat ditemui usai membuka sosialisasi mengatakan bahwa sosialisasi tersebut untuk memperkuat tim kesehatan dari berbagai fasilitas kesehatan, profesi dan berbagai organisasi kesehatan.

Reynold menambahkan Nakes merupakan garda terdepan sehingga ditargetkan kelompok nakes harus mencapai kekebalan yang optimal. Hal tersebut agar dalam pelayanan masyarakat di Fasilitas kesehatan betul-betul pengendalian Covid 19 bisa dikendalikan dengan baik. “Intinya hari ini adalah para Nakes harus meyakinkan publik bahwa vaksin Covid ini aman,” kata Reynold.

Reynold mengungkapkan bahwa seluruh Nakes yang memenuhi syarat ditargetkan 80 persen harus mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu. Hal tersebut agar bisa melindungi masyarakat yang akan dilayani nantinya. “Sangat baik kalau semua Nakes bisa di vaksin terlebih dahulu. Supaya benar-benar kekebalan kelompok Nakes ini bisa mencapai maksimal,” ungkapnya.

Reynold menambahkan nantinya Dinkes akan di bantu dari Pokja Provinsi terutama dari KIPI untuk mempersiapkan keluhan masyarakat jika terjadi sesuatu pasca dilakukan vaksinasi. “Kami di bantu oleh KIPI dari Provinsi untuk memantau jika terjadi apa-apa setelah divaksin,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait