Sebanyak 17.175 Wajib Pajak Di Mimika Telah Laporkan SPT Tahunan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pencapaian SPT Tahunan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika pencapaian periode ini terbilang cukup baik karena telah berhasil mengadministrasikan sebesar 66,66% dari target SPT Tahunan. Jal tersebut disampaikan berdasarkan rilis yang dikirimkan, Jumat (7/5/2021).

Kepala KPP Pratama Timika Tirta Bastoni mengatakan bahwa, akhir bulan April adalah batas akhir pelaporan SPT Tahunan, KPP Pratama Timika berhasil mengadministrasikan 17.175 SPT Tahuan terdiri dari 816 SPT Tahunan Badan / Perusahaan dan 16.359 SPT Tahunan Orang Pribadi, dari target sebesar 25.766 SPT.

Bacaan Lainnya

Penerimaan pajak tahun 2021 yang berhasil dikumpulkan KPP Pratama Timika masih didominasi oleh setoran PPh Pasal 21. Berdasarkan data kinerja penerimaan, perincian penerimaan pajak tahun 2021 adalah sebagai berikut : PPh Pasal 21 sebesar 669,11 milyar, PPh lainnya (PPh Pasal 22, Pasal 23, Pasal 25/29, PPh Final) sebesar 67,19 milyar, PBB 2,09 milyar, PPN 82,85 milyar dan Pajak lainnya sebesar 2,27 milyar.

“Kinerja KPP dalam penerimaan pajak untuk periode Januari – April 2021 cukup baik, telah mencapai 22,84% dari target sebesar Rp 3,65 Triliun yang diamanahkan tahun 2021. KPP berhasil mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp 823,56 Milyar,” kata Tirta.

Tirta mengungkapkan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh Wajib Pajak atas pemenuhan kewajiban perpajakan yang telah dilakukan selama ini, ditengah masa pemulihan akibat pandemi Covid-19.

Pemenuhan pembayaran pajak yang telah dilakukan merupakan bentuk kepedulian kita bersama membantu Pemerintah, wujud dari gotong-royong masyarakat dan Pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19, baik dampak kesehatan, ekonomi maupun dampak sosial .

“Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh Media Massa (Cetak, Onlne & Radio) yang telah bekerja sama dengan KPP Pratama Timika, sehingga sangat membantu dalam pelaksanakan program kerja KPP Pratama Timika,” ungkapnya.

Untuk tahun 2021, KPP Pratama Timika telah memiliki Strategi pengamanan penerimaan, antara lain :
1. Melanjutkan Proses Penelitian/analisis Wajib Pajak melalui kegiatan Pengawasan Pembayaran Masa dan Pengujian Kepatuhan Material.

2. Menjalankan penyisiran/Kegiatan Pengumpulan Data Lapangan (KPDL) sehingga diharapkan dapat menambah/memperluas basis data pemajakan, karena dapat menghimpun Wajib Pajak Baru.

3. Meningkatkan koordinasi dengan Pemkab Mimika dan Bank Papua, agar penyetoran pajak yang dilakukan Bendahara Pemda selalu optimal.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait