SDM dan Sarana Bidkes Klaster Mimika, Siapkan 25 Timkes Ditempatkan Disetiap Venue

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra

Timika – Tabaos14 | Untuk persiapan PON XX PB PON SUB Mimika Bidang Kesehatan menyatakan siap untuk mendukung pelaksanaan PON baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana yang akan di gunakan nantinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra menjelaskan, tenaga kesehatan yang dipersiapkan pada pelaksanaan PON kurang lebih 350 orang.

Bacaan Lainnya

Jumlah tersebut masih kurang, karena selain ditugaskan di venue ada juga tenaga kesehatan yang tetap standby untuk melakukan pelayanan vaksinasi.

“Kami sudah bentuk 25 tim tenaga kesehatan yang sudah dilatih dan memiliki sertifikat berstandar internasional. Mereka akan ditugaskan di setiap venue dan ditempat penginapan,” kata Reynold di hotel Grand Tembaga, Rabu (15/9/2021).

Sedangkan untuk sarana menurut Reynold, Mimika memiliki 15 unit ambulance dan 6 unit mini ICU.

Mengenai obat-obatan pria kelahiran Fak-Fak itu memastikan tersedia. Peralatan kesehatan yang disiapkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, sementara bantuan dari PB PON dalam proses.

“Selain itu Bidang Kesehatan juga telah menyiapkan alur penanganan kepada para atlet dan official. Dinkes Mimika memastikan memberikan pelayanan sesuai prosedur dan secara khusus,” tuturnya.

Soal rujukan, Reynold mengatakan selain RSUD Mimika, Rumah Sakit Kasih Herlina, RSMM, Klinik Kuala Kencana sudah sangat siap dan ketika penanganan tidak bisa dilakukan di 3 fasilitas kesehatan itu maka akan dirujuk ke RSUD Mimika.

“Bagaimana dengan rujukan keluar Timika, jika penanganan tidak bisa dilakukan di Timika, dari setiap medical center langsung melakukan rujukan langsung ke rumah sakit di luar Papua, tidak lagi harus ke RSUD,”ungkapnya.

Rey menambahkan, bidang kesehatan juga telah menyiapkan pelayanan PCR agar tidak terjadi penumpukan pasca pelaksanaan PON. Nantinya Kontingen dan official yang pulang pihaknya menyiapkan pendaftaran pelayanan PCR secara online, ada juga Tim swab yang akan melakukan mobile.

“Sehingga saya pastikan tidak akan terjadi penumpukan. Spesimen akan diperiksa di 3 fasilitas kesehatan yakni RSUD, RSMM dan Klinik Kuala Kencana,” ujarnya.

Penulis: Enol
Editor: Riki Lodar
  • Whatsapp

Pos terkait