Satlantas Polres Mimika Imbau Pengendara Kendaraan Bermotor Agar Membawa Surat Kelengkapan

Razia kendaraan bermotor oleh Satlantas Polres Mimika di kantor Samsat Mimika beberapa waktu lalu.

Timika – Tabaos14 | Satuan Lalulintas Polres Mimika menghimbau kepada warga masyarakat Mimika pengendara kendaraan bermotor baik mobil maupun motor agar membawa surat kelengkapan seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kenderaan Bermotor (STNK).

“Selain membawa SIM dan STNK motor juga harus memiliki Buku Kepemilikan Kenderaan Bermotor (BPKB),”kata Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra melalui KBO Lantas, Iptu I Made Kumpul, Kamis (4/8/2022).

Menurut Made jika kedapatan masih ada kenderaan yang tidak melengkapi surat kepemilikan tentu akan ditahan dan ditilang atau diproses hukum jika bukan pemilik kendaraan.

“Jadi kami petugas ini bukan sengaja menghambat namun tetap kami lakukan pemeriksan, terutama saat ini di Timika berapa kali kejadian termasuk tingkat pencurian bermotor agak tinggi, sehingga apabila ada pemeriksaan kami akan periksa surat kendaraan,”tuturnya.

Selain itu Made juga mengimbau kepada masyarakat agar taat membayar pajak kendaraan bermotor.

“Dengan terbayarnya lunas pajak secara intensif, tentunya pada saat ada pemeriksaan tidak menghambat perjalanan dan pekerjaan,” ujarnya.

Made menambahkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Papua nomor 188.4/282/2022 tentang Pembebasan atau Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak dan Sanksi Administrasi BBN-KB serta Pembebasan atau Pengurusan BBN kedua.

“Mumpung masih berlaku penghapusan denda pajak yang masih nunggak selama 5 tahun dan termasuk biaya Bea Balik Nama secara gratis selama 3 bulan,”ungkapnya.

Pos terkait