Sampai Saat ini Mimika Masih Nihil Covid-19

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra. (Foto: Sam Nussy)

TIMIKA – Tabaos14   I   Juru Bicara Gugus Tugas Percepetan Pengendalian COVID 19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra menegaskan bahwa, tidak benar informasi yang menjelaskan hari ini, Jumat (20/03) ada sedikitnya 4 orang karyawan di lingkungan PT Freeport Indonesia yang ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan sedang di karantina di Barack E Mile Pos 72 Ridge-Camp, Tembagapura.

“TIDAK BENAR atau HOAX, bahwa ada diisolasi 4 orang karyawan dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Barak E Tembagapura. Sampai sejauh ini, Hasil Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) 24 Jam, hari ini menunjukkan belum ditemukan ODP di Kabupaten Mimika,” tegas Reynold Ubra melalui pesan What’s App nya di Group Team Pers Update Corona Kabupaten Mimika Jumat sore ini.

Bersama penegasannya, Ubra juga melampirkan Laporan kerja SKDR dari Tim Gugus Tugas Percepatan pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, per hari ini, Jumat (20/03) 2020.

Diantaranya bahwa, tim gugus tugas melalui Dinas Kesehatan telah melakukan rapat pertemuan dengan 10 Kepala Puskesmas dan para Pemilik Klinik di Timika, untuk melakukan penapisan kasus COVID 19.

Termasuk juga, menyusun dan menyepakati alur rujukan ODP. Termasuk peningkatan penemuan dan pelaporan kasus COVID 19 melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) 12 jam.

Selanjutnya, Tim Gugus tugas juga melakukan pemeriksaan dan melakukan disinfeksi barang penumpang di bandara udara Mozes Kilangin.Termasuk, melakukan desinfektan di gereja Tiga Raja, Gereja Adven, Gereja Martin Luther, Gereja Katolik St. Stefanus, Polres dan Kantor Sat Lantas.

Tim Gugus Tugas Mimika juga melakukan sosialisasi Kampanye social distancing di 8 tempat, yaitu : Bank Mega, Bank Muamalat, BRI Cenderawasih, Hasrat Abadi , BRI Cabang, BRI Lantas, Diana, Bank Papua dan Kantor POS.

Bahkan, RSUD Mimika telah menetapkan kebijakan tentang tidak ada jam kunjungan dan mengatur jumlah pengunjung.

Sedangkan, untuk konsultasi medis oleh dokter Puskesmas maupun dokter klinik, dapat dilakukan dengan menghubungi call center RSUD Mimika 0812 4019 3846 dan call center.

Bahkan dalam Laporan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) 24 jam, pada tanggal 20 Maret 2020 ditegaskan kembali bahwa, tidak ditemukan Kasus COVID 19 (ODP maupun PDP).

Hal itu dilaporkan oleh Fasilitas Kesehatan (Faskes) dari 8 Puskesmas dan dua Rumah sakit, yakni RSMM dan RSUD Timika. (tim/sam nussy)

Pos terkait