Sambut HUT Mimika Disparbudpora Akan Gelar Open Turnamen Biliar

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika, Yacob Toisuta.

Timika – Tabaos14 | Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika akan menggelar kejuaraan Open Turnamen Biliar di awal bulan Oktober 2022 mendatang.

Kepala Disparbudpora Mimika, Yacob Toisuta saat ditemui di Hotel Horison Ultima Timika, Sabtu (6/8/2022) mengatakan rencana kejuaraan itu digelar untuk menyambut HUT Kabupaten Mimika yang jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022 nanti.

“Karena kejuaraan ini dilaksanakan dalam rangka HUT Kabupaten Mimika tanggal 8 Oktober, maka kita akan selenggarakan sebelum tanggal 8 Oktober,” ujar Kadis yang akrab disapa Yopi itu.

Kejuaraan ini, kata Yopi, direncanakan dibuka untuk umum agar para atlet dari luar Mimika pun dapat mengikuti Open Turnamen Biliar ini.

“Kita sengaja buka untuk umum agar turnamen ini bisa diikuti juga oleh saudara-saudara kita dari Papua Barat maupun Papua,” tuturnya.

“Bilamana nantinya yang mendaftar dari luar itu banyak, tentunya sektor-sektor lain di sini juga akan terkena imbasnya seperti perhotelan, restoran, dan sebagainya sehingga perekonomian masyarakat juga ada. Apalagi di masa pandemi begini, kita berharap berbagai sektor juga mendapatkan pendapatan,” jelas Yopi melanjutkan.

Mengenai persiapan, Yopi mengungkapkan saat ini pihaknya telah membentuk panitia dan dalam beberapa hari ke depan, panitia akan meluncurkan brosur informasi pelaksanaan turnamen tersebut.

Adapun persiapan terkait venue, dikatakan bahwa venue biliar dari PON telah siap untuk digunakan.

“Venue untuk biliar sudah tidak ada masalah karena itu semua ex dari PON dan semua masih tersedia siap pakai. Cuma yang harus kita persiapkan adalah perangkat pertandingan seperti wasit, panitia pendukung, dan sebagainya,” terangnya.

Saat ditanya perihal anggaran, Yopi mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah besaran anggaran yang akan diserap untuk pelaksanaan Open Turnamen Biliar tersebut.

“Kalau anggaran saya bukan tertutup, tapi memang saya tidak pernah cek. Cuma saya serahkan kepada bidang olahraga untuk melaksanakan karena saya mengharapkan kegiatan-kegiatan itu dia berjalan sesuai aturan yang ada dalam RKA,” pungkasnya.

Pos terkait