Rumah Kopi Amungme Gold Resmi di Buka Untuk Umum, Buka Mulai Pukul 08.00 WIT Hingga 24.00 WIT

Tampak para tamu undangan menikmati kopi racikan dari barista Rumah Kopi Amungme Gold usai di buka secara resmi untuk umum, Sabtu (30/7/2022).

Timika – Tabaos14 | Rumah Kopi Amungme Gold yang berada di jalan Malcon samping klinik Chandra, Timika resmi di buka untuk umum, Sabtu (30/7/2022). Pengunjung bisa menikmati semua jenis racikan kopi asli dari petani kopi binaan PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Pemkab Mimika yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIT hingga 24.00 WIT.

Rumah kopi yang diresmikan pada 14 Maret 2022 lalu ini selain sebagai tempat untuk menikmatin kopi juga tempat untuk secara langsung memproduksi biji kopi mulai dari penjemuran, pemilihan biji kopi terbaik, pembakaran kopi, penggilingan hingga menjadi biji dan bubuk kopi Amungme Gold yang siap dijual.

Vice President Community Development PTFI, Nathan Kum mengatakan, sejak dimulai pada tahun 1998 hingga 2013 dalam mengembangkan petani kopi pihaknya mengalami kesulitan. Namun berkat kerja keras akhirnya membuahkan hasil sehingga
diresmikan Koperasi Amungme Gold yang mana memiliki kantor operasional produksi kopi yang dikenal dengan rumah kopi Amungme Glod.

“Ini semua atas dukungan dari PT Freeport Indonesia (PTFI). Memang jatuh bangun kita kembangkan petani kopi dan sekarang masyarakat atau petani kopi sudah bisa menikmati hasilnya, dan dari situlah masyarakat sudah berlomba-lomba menanam kopi,”ungkapnya.

Menurut Nathan untuk peresmian Rumah Kopi Amungme Gold sendiri itu sudah dilaksanakan dibulan Maret lalu, dan saat ini diresmikan program koperasinya.

“Jadi kopi Amungme ini bukan cuman dikenal di Timika saja tapi sudah sampai diluar kota,”tuturnya.

Nathan menambahkan sampai sekarang sebanyak 154 orang petani yang didampingi. Jumlah pohon kopi jenis Arabica sebanyak 45.759 pohon yang ditanam di lahan seluas 34,6 Hektar.

“Harapan kami dari PTFI, masyarakat itu mandiri, tidak tergantung pada perusahaan. Program kopi ini memang jangka panjang dan tidak bisa habis karena dimana-mana kopi itu dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara Direktur PTFI, Claus Wamafma dalam sambutannya mengatakan, sampai dilaunchingnya Rumah Kopi Amungme Gold ini sebelumnya mengalami pergumulan yang panjang.

“Jadi hari ini kita coba naik kelas karena kemarin kita masih bergerak di gunung. Kita punya ide dengan kesan selain emas ada juga sektor lain yang bergerak dibidang perekonomian,”kata Claus.

Dengan adanya rumah kopi amungme gold diharapkan bisa menjadi tetangga yang baik buat Kabupaten Mimika dengan daerah lain.

Sementara mewakili Bupati Mimika Hendritte Tandiyono selaku Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat, memberikan apresiasi kepada PT.Freeport Indonesia yang sudah memberikan apresiasi kepada masyarakat yang ada didataran tinggi untuk bisa berkarya dan berinovasi dalam mengembangkan potensi dibidang pertanian dalam hal ini pengembangan biji kopi yang ada di Tsinga,Aroanop,Waa Banti dan Hoya.

“Kopi memiliki potensi nilai ekonomis jangka panjang dan tidak ada kata habis bagi penikmat kopi, karena kopi menjadi kebutuhan manusia saat ini,kopi juga telah berkembang menjadi industri yang tumbuh dengan pesat dan membawah nilai devisa yang besar bagi negara,”ungkapnya.

Oleh karena pemerintah mengajak PTFI berkolaborasi dengan pebisnis kopi lokal untuk dapat mempromosikan sekaligus memberikan edukasi tentang potensi kopi papua kepada publik bahwa khususnya di Mimika selain mineral emas,tembaga akan tetapi ada juga kopi yang memiliki kwalitas baik dengan rasa yang nikmat.

“Semoga perkembangan kopi kita di Mimika semakin maju dan dikenal didunia internasional, hal ini karena beberapa bulan lalu di Jepang minta kita pasarkan kopi kita kesana,”ungkapnya.

Pos terkait