Roling AKD DPRD Mimika di Laksanakan Bulan Ini

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan, SE.

Timika – Tabaos14 | Agenda roling Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Mimika akan dilaksanakan bulan ini. Pelaksanaannya akan dilakukan sebelum pembahasan LKPJ Bupati Mimika dan kunjungan ke area kerja PT Freeport Indonesia.

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan, SE kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (11/5/2022) mengatakan AKD yang akan di roling antara lain, komisi-komisi, Bapemperda, dan Dewan Kehormatan. Sedangkan Badan Musyawarah dan Badan Anggaran langsung dipimpin oleh pimpinan dewan.

“Sebab menurut aturan setelah menjabat dua setengah tahun alat kelengkapan dewan harus diroling,”kaya Yohanes.

Soal roling kata Yohanes yang akrab dipanggil John mengatakan pimpinan-pimpinan fraksi di DPRD akan mengusulkan nama-nama anggota fraksi yang untuk menduduki komisi-komisi, Bapemperda dan Dewan Kehormatan. Setelah itu masing-masing akan melakukan pemilihan dan siapa yang terpilih akan menjadi pimpinan AKD.

Untuk roling AKD tegas dia akan dilakukan di Timika, dan Setwan akan menghadirkan orang dari Biro Hukum Pemprov Papua untuk menjelaskan aturan mainnya sesuai Tata Tertib (Tatib) DPRD.

“Untuk roling AKD kami tidak ke Jayapura tapi kita undang orang Biro.Hukum yang datang ke Timika. Mungkin bulan ini kita mulai roling sehingga memasuki pembahasan agenda penting kita sudah dengan AKD wajah baru,” terang dia.

Ketika ditanyakan kenapa harus libatkan orang Biro Hukum, ia menjelaskan ini berkaitan dengan tatib jadi orang Biro Hukum yang harus jelaskan langkahnya sehingga tidak ada yang lalai.

“Hal ini penting sehingga Biro Hukum harus dampingi DPRD Mimika dalam agenda roling AKD ini. Kemudian fraksi-fraksi persiapkan nama-nama anggotanya untuk di distribusikan ke masing-masing AKD,” jelasnya.

Pos terkait