Ribuan Sampah Plastik Menumpuk Menutupi Kali Jati di Kelurahan Perintis

Sampah menumpuk menutupi permukaan Kali Jati yang ada di wilayah Kelurahan Perintis

Timika – Tabaos14 | Ribuan sampah plastik menumpuk di salah satu titik ruas Kali Jati, Jalan Pejuang, Kelurahan Perintis, Distrik Mimika Baru.Sejauh mata memandang, tumpukan sampah plastik sepanjang 50 meter lebih tanpa penanganan mengambang menutupi permukaan hingga melewati batas sepadan Kali Jati.

Kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (22/6/2022) Kepala Lurah Perintis Kaleb Pattipi mengatakan, tumpukan sampah itu terjadi akibat ulah masyarakat yang sering membuang sampah di kali tersebut.

“Untuk saat ini memang belum ada penanganan karena saya baru menjabat sebagai Kepala Lurah Perintis,”kata Kaleb.

Ia juga menyebutkan bahwa persoalan tumpukan sampah itu akan menjadi perhatian Kelurahan Perintis ke depannya.

“Tetapi kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menangani sampah ini karena sebetulnya masalah sampah seperti itu ditangani oleh dinas bukan kelurahan. kami hanya menangani sampah yang ada di jalan-jalan sekitar kelurahan,” ujarnya

Lanjut Kaleb, kelurahan juga tidak memiliki anggaran besar untuk menangani sampah di Kali Jati.

Menurutnya, kali yang dipenuhi sampah perlu dilakukan normalisasi yang mana itu adalah ranah nya dinas terkait seperti Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup.

Di samping itu, dalam waktu dekat pun Kaleb akan melakukan pertemuan bersama stakeholder di Kelurahan Perintis untuk membahas permasalahan sampah serta penanganannya.

“Senin depan kami akan tatap muka dengan stakeholder di Kelurahan Perintis. Di situ, kami akan sepakati bersama bagaimana penanganan dan juga sanksinya bagi warga yang membuang sampah sembarangan,”tuturnya

Kaleb mengatakan bahwa masalah sampah harus ditangani secara bersama-sama oleh semua pihak.

“Karena untuk masalah sampah tidak bisa dilakukan oleh kami sendiri, tetapi butuh keterlibatan semua warga,” katanya.

Pos terkait