Realisasi Fisik Dana Otsus di Mimika Capai 18,51 Persen

Kepala Bapeda Kabupaten Mimika, Yohana Paliling.

Timika – Tabaos14 | Total realisasi fisik dana Otonomi Khusus (Otsus) di Kabupaten Mimika saat ini sudah mencapai 18,51 persen. Sementara realisasi keuangan sebesar 10,21 persen.

“Untuk dana Otsus Total realisasi fisik kita sudah di posisi 18,51 persen dan realisasi keuangan 10,21 persen,” Kepala Bapeda Kabupaten Mimika, Yohana Paliling di Hotel Grand Moza, Selasa (12/7/2022).

Jumlah persentase itu, kata Yohana, diambil dari total keseluruhan dana Otsus sebesar Rp 140.000.375.334 rupiah.

“Jadi yang sudah terealisasi di keuangan sebesar Rp 14.327.452.800,-. Itu sudah diposisi 21 persen,” terangnya.

Lebih lanjut Yohana menjelaskan bahwa sesuai dengan arahan Bupati, setiap kegiatan yang terkendala harus segera disampaikan.

“Artinya bahwa jangan sampai ada kegiatan-kegiatan yang karena ada masalah dan kendala, tetap kita pertahankan diproses padahal ujung-ujungnya juga tidak bisa berjalan,” jelasnya.

Apabila terjadi demikian maka akan tergolong menjadi dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA).

“Sementara tahun ini kita butuh anggaran. Artinya masih ada kesempatan untuk pergeseran di perubahan.Tadi dari OPD Permukiman dan Pertanahan ada pergeseran di situ sekitar Rp 13 miliar, kemudian dari Dinas Perhubungan sekitar Rp 1,5 miliar. Artinya itu kegiatan-kegiatan yang tidak bisa berjalan tahun ini,” pungkasnya.

Pos terkait