Ratusan CJH Mimika Dipending Keberangkatannya

  • Whatsapp

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Utler Adrian.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I     Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Utler Adrian mengatakan, akibat dampak dari Virus Corona menyebabkan sekitar 200-an lebih Calon Jamaah Haji (CJH) asal Mimika yang dijadwalkan berangkat pada Juli 2020 mendatang terpaksa harus dipending keberangkatannya.

Ini sesuai kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menutup sementara perjalanan umrah dan haji ke tanah suci Mekkah.

Menurutnya, ratusan calon jemaah haji asal Mimika telah melalui tes kesehatan dan seharusnya diberangkatkan bulan Juni atau Juli mendatang, sebelum perayaan Idul Adha.

Bukan hanya Indonesia yang dilarang, akibat adanya dampak virus Corana ini tetapi dari Arab Saudi juga dilarang ke Indonesia.

“Dikarenakan adanya larangan karena dampak dari virus corona maka keberangkatan CJH ini harus ditunda terlebih dahulu dan kita juga kena dampaknya,” kata Utler di salah satu hotel di Timika, Jumat (06/03).

Utler menjelaskan, bukan hanya Indonesia saja yang ditunda keberangkatannya ke Arab Saudi melainkan seluruh Negara. Jadi, sementara ditunda dulu dan penundaannya sampai kapan belum dapat dipastikan.

Namun, lebih lanjut dikatakannya, keberangkatan jemaah haji belum bisa dipastikan batal, tetapi dipending sementara hingga ada informasi lanjutan dari Kementerian Agama RI bersama pemerintah Arab Saudi.

“Jemaah haji reguler Mimika selalu diberangkatkan setiap tahun dan keberangkatannya juga tergantung pada daftar tunggu. Misalnya, jika mendaftarnya tahun ini maka akan menunggu lagi selama 15 tahun kemudian baru diberangkatkan,” jelasnya.

Utler menambahkan, jika calon jamaah haji akan berangkat tahun ini maka harus dipastikan calon jamaah hajinya bebas dari virus corona.

“Kita tunggu saja informasinya, kapan bisa dipastikan berangkat. Sementara ini kita pending dulu keberangkatannya, karena ini juga untuk menjamin calon jamaah haji terhindar dari virus corona,” ujarnya. (*#/samone)

  • Whatsapp

Pos terkait