Rakernis Bid Humas Polda Papua 2021, Lima Polres Raih Penghargaan Kategori Viralisasi, Dan Jalin Kemitraan Dengan Berita Online

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Rapat kerja Teknis (Rakernis) Bid Humas Polda Papua Tahun 2021 secara resmi dibuka oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto yang berlangsung di Aula Rastra Samara Polda Papua. Rakernis tersebut mengambil tema“Peran Humas Polri dalam pemantapan komunikasi publik guna mendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif”.

Dalam sambutannya Wakapolda Papua mengatakan, kegiatan yang kita selenggarakan ini sangatlah penting, mengingat sekarang ini tuntutan masyarakat kepada Kepolisian menjadi semakin meningkat, khususnya jajaran Humas Polri. “Karena saat ini, bisa dikatakan jajaran Humas Polri adalah satu-satunya Polisi berseragam yang hadir di dunia maya,” kata Eko.

Bacaan Lainnya

Wakapolda menjelaskan, Bidhumas sebagai pengembang tugas dilingkungan Polri harus menyesuaikan kebijakan tersebut dengan melakukan berbagai strategi Humas Polri, terutama untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi baik di dunia maya maupun kecepatan pemberitaan melalui dunia mainstream. “Hal ini pasti berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan Harkamtibmas,” jelasnya.

Menurut Eko, Kabid Humas Polda dan Jajaran adalah garda terdepan dalam menyampaikan situasi sebenarnya kepada masyarakat, mengklarifikasi fenomena dan peristiwa yang menyangkut keamanaan dan ketertiban, mengkonter isu, dan sebagai tonggak citra Kepolisian.

“Dalam situasi pandemi saat ini, Humas Polri memanfaatkan manajemen media sebagai wadah untuk mengajak, mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan,” ujarnya.

Eko menambahkan, agenda kamtibmas tahun 2021, memerlukan sosok agen kehumasan yang mampu meredam adanya konflik yang akan terjadi di wilayahnya masing-masing.Peran Humas Polri diharapkan mampu menjaga citra baik Polri melalui pengontrolan isu yang berkembang di tengah masyarakat.

“Dalam kesempatan ini, saya menegaskan kembali bahwa kita harus bersinergi dalam menciptakan pelaksanaan PON XX tahun 2021 dan situasi kamtibmas ditengah pandemi agar tetap berjalan dengan sehat, aman dan kondusif,” ujarnya.

Wakapolda menyampaikan selamat kepada Polres yang menerima penghargaan atas prestasi kinerja subbag humas yang aktif dalam viralisasi, pembuatan meme, video dan link berita di media online yaitu Polresta Jayapura Kota, Polres Merauke, Polres Tolikara, Polres Jayawijaya dan Polres Nabire.

Rakernis ini dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polda Papua, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal dan para peserta Rakernis sebanyak 30 orang.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait