PU Jamin Realisasi Pembangunan Berkualitas Meski Waktu Mepet

Kepala Bidang Bima Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bonafasius Saleo.

TIMIKA – Tabaos14    I    Kepala Bidang Bima Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bonafasius Saleo mengatakan, meskipun waktu pembangunan yang dikerjakan oleh dinas dinilai sangat mepet, tetapi pihaknya menjamin bahwa pembangunan yang dilakukannya siap dikerjakan dengan mutu dan kualitas dan tidak asal-asalan.

“Memang pekerjaan fisik terutama, setelah pelelangan, kita akan desak kontraktor agar bisa sesuai tepat waktu. Namun tetap kita utamakan mutu dan kualitas juga, tidak boleh bikin sembarang-sembarang. Meskipun ini sudah Maret, ” kata Boni di ruang kerjanya, Jumat (13/03).

Boni mengungkapkan, pihak PU PR akan mendesak pihak penyedia jasa, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam kontrak kerja. Misalnya didalam kontrak, jalan akan dikerjakan dengan dua atau tiga eksavator, harusnya pelaksanaanya juga demikian, tidak boleh hanya satu eksavator saja.

“Nah, hal ini yang biasa terjadi. Sehingga kita selalu desak, pihak penyedia agar bekerja sesuai yang dituangkan dalam kontrak. Mengapa saya katakan mutu dan kualitas, karena nanti akan ada konsultan. Apa gunanya kita pakai konsultan, itu menjadi tugas mereka juga,” ungkapnya.

Boni menjelaskan seperti pengerjaan jalan didalam bundaran areal Bandara Mozes Kilangin, yang saat ini masih dalam perhitungan (estimasi) biaya, yang membutuhkan waktu. Sedangkan, pengerjaan tersebut dikejar targetnya. Alasannya karena sudah harus digunakan pada saat Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dan Pekan Olaraga Nasional (PON) 2020.

“Saat ini kita harus buat estimasi biaya lagi, butuh waktu. Seperti alat apa juga yang akan dipakai danl akan kita masukan dalam Harga Perkiraan Sendiri (HPS),” jelasnya.

Boni menambahkan, jika proses semuanya sudah selesai maka dipastikan pekerjaan akan langsung berjalan. Dirinya tidak menyebutkan, berapa panjang jalan yang akan dikerjakan.

“Kalau panjang jalan, saya belum tahu. Saya harus lihat DPA lagi, tetapi intinya tahun ini akan dikerjakan semuanya. Mulai dari jalan di bundaran dalam areal Badara sampai tempat parkiran,” ujarnya. (*#/Sam)

Pos terkait