PPI Poumako Ada 200 Lebih Kapal Ikan

  • Whatsapp

Koordinasi PPI Poumako Haris Maturbongs.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I     Sebanyak kurang lebih 230 kapal berbagai ukuran, sejauh ini terdata di Kantor Administrasi Pelabuhan Perikanan dan Kawasan Industri Perikanan Terpadu Poumako.

Koordinator PPI Paomako, Harrys Motorbongs menjelaskan, tercatat 200 kapal ikan dengan kapasitas 30 GT keatas yang mendapat ijin dari pusat. Sisanya sebanyak kurang lebih 40 kapal dengan ukuran 10 hingga 30 GT yang mendapat ijin dari pemprov Papua, yang saat ini mencari ikan di perairan Mimika. Jumkag itu di luar kapal dengan kapasitas 10 GT ke bawah.

“Untuk jumlahnya, kalau ijin dari pusat kurang lebih 200 ukuran 30 GT keatas. Kalau ijin provinsi 10-30 GT sebanyak 30-40 ijin dan semua terdata di PPI,” jelasnya.

200 kapal tersebut terbagi menjadi beberapa grup, baik dari grup Indramayu, grup, Pekalongan, grup Juana, dan grup dari Jakarta yang mencari ikan di Mimika berdasarkan pangkalan.

“Jumlah kapal ini terdiri dari beberapa grup atau kelompok, indramayu, pekalongan, Juana, dan jakarta,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, kalau jumlah kapasitas untuk PPI Mimika terbilang tidak cukup untuk menampung kapal ikan dalam jumlah banyak, sebab PPI sendiri terbagi menjadi beberapa tingkat. PPI Poumako merupakan PPI terkecil dari beberapa PPI lainnya seperti PPI Nusantara, PPI Samudra, PPI Pantai dan PPI Kelas Pantai.

“Sebenarnya, kita bisa klasifikasikan ada Pelabuhan Perikanan Nusantara, Samudra, Pantai dan PPI. Cuma kunjungan kapal ikan memang melebihi kelas PPI, makanya diusahakan supaya bisa ke depan ditingkatkan status PPI ke Pelabuhan Pantai,” ungkapnya. (Mrc)

  • Whatsapp

Pos terkait