POSPAY Canvassing Peluang Usaha Baru Bagi Masyarakat

Tampak suasana kegiatan Refreshing Survei Biaya Hidup Tahun 2022 sekaligus promosi program baru PT Pos Indonesia di Hotel Horison Ultimate, Jumat (15/7/2022).

Timika – Tabaos14 | PT Pos Indonesia cabang Timika perkenalkan dua platform digital baru kepada sejumlah peserta karyawan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika di Hotel Horison Ultima Jalan Hasanuddin, Timika, Jumat (15/7/2022).

Kedua aplikasi berbasis rekening Giropos ini dikenal dengan nama PAYPOS Canvassing dan Pos Aja. Selain untuk mempermudah berbagai transaksi jasa keuangan, aplikasi ini juga bisa menjadi peluang bisnis baru bagi masyarakat.

“Ini merupakan salah satu terobosan baru dari kami untuk meningkatkan perekonomian mikro masyarakat secara khusus untuk para pendata mitra BPS Mimika,” ujar Kepala Kantor PT Pos Indonesia cabang Timika, Junaidi Nur.

Sebagai mitra kerja, PT Pos Indonesia memberikan kemudahan bagi pendata BPS dalam proses pendaftaran sebagai agen.

“Tadi kan kesulitan nya kalau mau jadi agen pos harus punya rumah punya toko printer komputer seperti itu. Agak ribetlah kalau hanya usaha sampingan. Jadi cukup dengan e-KTP, NPWP, nomor HP aktif, email aktif, dan Trx di tool canvassing dengan pola deposit minimal 10 ribu,” jelasnya.

Kedua aplikasi itu, kata Junaidi, bisa dipakai untuk melakukan pengiriman surat dan layanan jasa keuangan yang ada di kantor pos.

“Pastinya akan dapat fee. Akan dapat imbal jasa dari setiap transaksi yang ada. Jadi kaya misalnya pembelian pulsa 100 ribu, itu kan ada biaya admin Rp 2.500,-. Jadi Pos dapat Rp 1000,- dan yang punya POSPAY Canvasing itu dapat Rp 1.500,- . Itu akan masuk setiap bulannya seperti itu,” terangnya.

Lanjut dia, begitu juga dengan pengiriman paket. Kalau misalnya ongkos kirim (ongkir) ke Jakarta senilai Rp 50 ribu, maka agen pos mobile akan mendapatkan 10 persen dari harga ongkir tersebut.

“Jadi mereka hanya menginformasikan ke PT Pos saja kalau ada paket yang mau dikirimkan. Nanti kita yang akan datang jemput ambil barangnya. Sehingga tidak perlu ada tempat atau bangunan besar. Tinggal pakai akun itu kita entry di kantor maka otomatis akan masuk direkeningnya masing-masing. Itu akan ditransfer setiap bulan per tanggal 25 seperti gaji begitu,” tuturnya.

“Berbeda dengan jasa keuangan itu H+1 fee-nya masuk. Jadi kalau transaksinya hari ini dan fee-nya 5 ribu maka besoknya sudah masuk ke rekeningnya 5 ribu,” imbuhnya.

Untuk pelayanan jasa keuangan, aplikasi POSPAY melayani pembayaran token listrik, tagihan PDAM, tagihan telepon, pulsa HP, pajak daerah, MPNG3 Ppn Pph, Top up POSPAY, dan tarik tunai POSPAY.

Di samping itu, selaku Kepala BPS Mimika, Ouceu Satyadipura mengungkapkan bahwa BPS Mimika cukup tertarik dengan program yang dicanangkan PT Pos Indonesia.

“Ini kan juga bisa meningkatkan perekonomian para pendata BPS di saat mereka sedang tidak bertugas. Pendataan kan tidak setiap bulan, jadi tentunya kerja sama ini bisa mendatangkan manfaat yang baik bagi mitra pegawai kami di BPS,” ucapnya.

Pos terkait