Positif Covid-19 Papua Bertambah Pasien dan Kabupaten

  • Whatsapp

Juru Bicara Satgas Pengendalian dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule. (Foto/Video: bpbdpapua)

JAYAPURA – Tabaos14   I    Juru Bicara Satgas Pengendalian dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule dalam laporannya hari ini, Selasa (14/04) adanya pertambahan jumlah pasien positif Covid-19 di Papua 1 Orang menjadi total 68 orang. Termasuk kabupaten Terinveksi juga bertambah dua kabupaten, 8 kabupaten.

Bacaan Lainnya

“46 orang saat ini masih kami rawat, 15 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang dinyatakan meninggal,” ucap dr. Sumule dalam video konferensnya di media center Covid-19 Provinsi Papua.

Sementara dikatakannya juga bahwa, Orang Dalam Pengawasan (ODP) kini ada sebanyak 3229 dan Pasien Dalam Perawatan (PDP) sebanyak 88 orang. Sementara total tes yang sudah dikerjakan hingga hari ini ada sebanyak 360 tes.

Kabupaten Terinveksi Covid-19 Bertambah

Sedangkan jumlah kabupaten yang sampai kini ditemukan Covid-19, hingga kini ada sebanyak 8 kabupaten. Diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Keerom, Mamberamo Tengah dan Jayawijaya.

Perincian penemuan Covid-19, dijelaskan Sumule adalah Kota Jayapura terdiri dari Pasien Positif sebanyak 23 orang, 15 dalam perawatan dan 5 sembuh. Kabupaten Jayapura 11 positif, 6 dirawat, 4 sembuh dan 1 meninggal. Kabupaten Mimika 19 positif, 13 perawatan, 3 sembuh dan 3 meninggal. Kabupaten Merauke 7 positif, 4 dalam perawatan, dan 3 sembuh.

Selanjutnya juga Kabupaten Keerom 2 positif dan 2 dirawat. Kabupaten Sarmi 3 positif dan semu dirawat. Mamberamo Tengah 1 positif,  1 dirawat di Jayawijaya. Sedang Jayawijaya sendiri 2 positif dan 2 dirawat dalam kondisi sakit ringan maupun sedang.

ODP Tambah Diikuti Kesembuhan

Selain jumlah ODP yang mengalami pertambahan dari 3229, dari hari sebelumnya 3216 orang atau mengalami penambahan sebanyak 13 orang.

Namun juga terjadi kesembuhan pada beberapa kabupaten seperti di Kota Jayapura paling banyak atau sekitar 5 orang, Kabupaten Jayapura 4 orang. Sedangkan di Mimika dan Merauka, masing-masing 3 orang.

15 Kabupaten Tidak Melaporkan

Hari ini diakui dr Silwanus Sumule, ada cukup banyak kabupaten yang tidak melaporkan.

“Ada sebanyak 15 Kabupaten dan kami tidak tahu mengapa mereka tidak melaporkan kondisi terkini dari upaya penanganan dan pencegahan Covid-29 di Kabupaten mereka,” ujar dr. Sumule.

Namun, dirinya pun mengakui, sudah dilakukan komunikasi dan diharapkan besok dapat dilakukan upaya mengkonfirmasikan kondisi perkembangan di daerahnya masing-masing.

Hal lainnya adalah soal beberapa hari ke depan, akan adanya beberapa pesawat yang akan siap beroperasi ke beberapa daerah  dalam rangka pengambilan sejumlah sampel. Sehubungan dengan adanya sejumlah sampel yang diperiksa dengan menggunakan Rapid tes, dan dinyatakan positif.

“Secara prosedur, jika ada daerah yang melakukan Rapid Tes dan dinyatakan positif maka Satgas Provinsi akan langsung mengambil hasil sampel-sampel tersebut,” jelals Sumule.

Mewakili pemerintah provinsi Papua, Sumule juga menyampaikan apresiasi pemerintah dan Tim Penanggulangan Covid-19 kepada sejumlah maskapai penerbangan di Provinsi Papua, terutama dalam memberikan kontribusinya untuk upaya penanganan dan penanggulangan Covid-29 ini.(Sam Nussy)

 

 

 

 

 

  • Whatsapp

Pos terkait