Positif Covid-19 Mimika Masih 3 Pasien

  • Whatsapp

Data Covid-19 Kabupaten Mimika, Sabtu (04/04). (Foto: TGTPP Covid-19 Mimika)

TIMIKA – Tabaos14    I    Hingga hari ini, Sabtu (04/04) jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mimika masih tetap 3 orang seperti tertulis pada data Covid-19 Kabupaten Mimika. Meskipun satu pasien positif telah meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, M.Epid dalam konferensi pers-nya kepada wartawan menjelaskan jika pencatatan terhadap jumlah perkembangan pasien Covid-19 adalah pencatatan akumulatif.

“Itu adalah catatan akumulasi hingga Kamis (02/04), jadi meskipun ada yang sudah meninggal tetap dicatat,” kata Reynold Ubra.

Sementara tercatat jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 42, sedangkan yang sedang dirawat berjumlah 15. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) 46, serta Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 81 orang.

Untuk jumlah sampel yang diperiksa laboratorium ada 13 sampel, sedangkan yang dalam proses pemeriksaan ada 8 sampel.

Lebih jauh dijelaskan Ubra, sampai hari ini ada 12 PDP yang sedang dirawat, 7 pasien di RSUD Timika dan 5 lainnya di rumah sakit swasta di Timika. Jumlah itu terdiri dari pasien pria 8 dan pasien wanita 4 orang.

 

Untuk pemeriksaan sampel, sampai hari ini juga amaih ditunggu dari pemeriksaan di Rumah Sakit Tembagapura dan RSUD Mimika. “Hari ini bahkan ada yang kami nyatakan selesai atau sehat 1 OTG dan 1 ODP,” kata Ubra.

Sampai dengan Sabtu (04/04) ini, ada 4 PDP baru yang dilaporkan sehingga jumlah PDP ada 41. Namun, Ubra juga menegaskan adanya jumlah status PDP yang ditemukan ada sebanyak 21 orang. Sehingga jumlahnya menjadi 48 orang.

Dari total 42 orang PDP itu yang dilakukan 27 orang adalah isolasi mandiri, 12 orang di Rumah Sakit.

Untuk OTG, Ubra menjelaskan maaih belum bisa dilaporkan karena masih dilakukan tracing. Namun sampai hari Sabtu ini telah berhasil ditracing sebanyak 173. Untuk itu, katanya, dalam 1-2 hari kedepan akan dilakukan upaya memastikan pasien 01 yang positif, terutama untuk kontrak erat beresiko tinggi yang akan dikeluarkan dari status pemantauan menjadi PDP.

Untuk status ODP yang melakukan isolasi mandiri ada 44 orang, dari jumlah total 46 orang dan yang dirawat di rumah sakit ada 2 orang.

Sedangkan untuk status OTG ada 81 orang dan yang sebagian melakukan isolasi mandiri, dan sebagian lagi di Shelter Timika.

“Hari ini juga kami telah lakukan tracing terhadap 57 orang yang memiliki hubungan kontak positif Klaster Lembang,” jelas Ubra. (Sam Nussy)

 

  • Whatsapp

Pos terkait