PON XX Di Mimika Megah Dan Meriah, Handry : Sesuai Semangat Pak Bupati

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Panitia Sub PB PON Mimika terus melakukan pemantapan beberapa rangkaian kegiatan telah disiapkan guna mensukseskan kegiatan pesta Olahraga ini. Kegiatan tersebut dapat disaksikan warga nantinya karena selain menghibur, juga meningkatkan ekonomi warga juga mengandung nilai historis

Koordinator Bidang Upacara Sub PB PON Mimika, Handry Titaley menyebutkan, ada tujuh kegiatan yang menjadi tugas timnya di perhelatan olahraga akbar ini yakni, Gebyar PON, Kirab Api PON, Penyambutan dan Pemulangan Kontingen, Jamuan Makan Malam, Upacara Penaikan Bendera Kontingen, Upacara Pembukan dan Penutupan Cabang Olahraga dan yang terakhir yakni Upacara Penghormatan Pemenang.

Bacaan Lainnya

“Untuk Gebyar PON, akan dilaksanakan Bulan Juni, besok. Ini meriah, karena melibatkan unsur UMKM,” terang Handry usai Rapat Koordinasi Bidang I Sub PB PON Mimika di Hotel Horison Timika, Rabu (19/5/2021) malam.

Handry mengungkapkan bahwa Gebyar PON XX ini akan digelar selama satu hari dengan menampilkan panggung hiburan. Pada kegiatan ini, pembukaan lapak karya seni dan souvenir PON lainnya akan digelar di sini. Pihaknya sudah koordinasi dengan Bidang Sosial Ekonomi dan Bidang Pemasaran.

“Tujuannya untuk menggaungkan suasana PON dan menghidupkan UMKM. Tapi ini tentu dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tanggal pelaksanaan akan kami umumkan usai kegiatan exercise venue ini,” ungkapnya.

Selanjutnya utuk Kirab Api PON. Kegiatan ini melibatkan klub motor, klub sepeda, anak sekolah dan TNI-Polri. Api di dalam obor akan tiba di Timika pada Bulan September dan selanjutnya akan diarak mulai dari Kuala Kencana menuju Timika dan berakhir di Kantor Pusat Pemerintahan.

“Api juga akan melewati lima wilayah adat Papua, yang meliputi Kabupaten Biak (Saereri), Wamena (La Pago), Mimika (Mee Pago), Merauke (Anim Ha), Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura (Mamta).Di Timika, api ini diharapkan melewati berbagai venue PON sebagai simbol semangat juang para atlet,” jelas.

Untuk Bidang Upacara sendiri juga akan melibatkan sebanyak 120 anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dalam penyelenggaraan PON XX Papua 2021 di Kabupaten Mimika. Selanjutnya, anggota PPI juga akan dilibatkan pada penaikan dan penurunan bendera kontingen.

“Anggota PPI ini yang utama akan dilibatkan di penjemputan dan pengantaran kontingen atlet saat mereka pulang. Pada acara penaikan dan penurunan bendera kontingen ini, akan ada parade seni dan tarian kolosal. Ini melibatkan unsur di luar anggota PPI,” jelas Handry.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting, menurut Handry adalah Upacara Penghormatan Pemenang (UPP). UPP ini digelar di venue masing-masing cabor usai pertandingan masing-masing nomor olahraga. “PPI di sini akan membawa baki medali untuk dikalungkan pada pemenang,” tuturnya.

Kesiapan atas tugas yang diemban Bidang Upacara menurut Handry sudah diuji pada Test Event PON Atletik Indonesia Papua Open 2020 pada 27 hingga 29 Februari 2020, lalu. Sehingga atas dasar ini, pihaknya tidak ragu untuk menggelar semua mata kegiatan secara sukses di Klaster Mimika.

“Kami bahkan mendapat apresiasi dari TD Atletik saat itu. Jadi kami tidak perlu diragukan lagi kesiapannya. Seperti semangat Pak Bupati, kami jamin megah,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait