Polsek Miru Tangkap Empat Pelaku Curanmor Yang Masih Berumur Belasan Tahun

Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahadian di dampingi Kanit Reskrim,Ipda Yusran dalam pers rilis di Mapolsek Miru, Sabtu (6/8/2022).

Timika – Tabaos14 | Polsek Mimika Baru (Miru) berhasil menangkap empat pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang selama ini meresahkan masyarakat. Keempat pelaku tersebut masing-masing berinisial ASN (19) dan TE (24) serta YPH (19) dan MH (19).

Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahadian di dampingi Kanit Reskrim,Ipda Yusran dalam pers rilis di Mapolsek Miru, Sabtu (6/8/2022) mengatakan, keempat pelaku tersebut di tangkap diwaktu dan tempat yang berbeda,yakni tersangka YPH dan MH itu ditangkap pada tanggal 4 Agustus 2022, sedangkan tersangka ASN dan TE ditangkap pada tanggal 5 Agustus 2022 dan para pelaku tersebut melaksanakan aksinya pada tahun 2021 lalu.

Bacaan Lainnya
Para pelaku dan barang bukti.

“Dari hasil keterangan keempat tersangka itu modusnya sama, yakni mencari uang dengan cara mencuri dan hasil curian itu dipakai untuk bersenang-senang dengan membeli minuman,” kata Kapolsek.

Kronologi kejadian Kapolsek menjelaskan, tersangka ASN dan TE mencuri motor milik korban berinisial TS di jalan Budi Utomo,Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania. Saat itu korban pulang dari kerja sekitar jam 17.00 memarkir kendaraannya tanpa mencabut kunci didepan rumahnya. Sesampai malam sekitar jam 23.00 WIT korban yang sedang nonton TV mendengar dari dalam rumah bahwa SPM miliknya di stater atau dibunyikan.

“kemudian korban bergegas membuka pintu depan rumah dan mendapati SPM miliknya sudah dibawa kabur oleh dua tersangka ini. Korban berusaha mengejar namun tidak bisa mendapatkan SPMnya. Akibat kejadian tersebut korban rugi sekitar Rp20 juta,”jelasnnya.

Lanjut Kapolsek untuk tersangka YPH dan MH ini melakukan aksinya dibulan November 2021 di depan Toko Senyum Lima Ribu, Jalan Budi Utomo. Pada saat itu korban dalam keadaan mabuk tertidur dipinggir jalan. Kemudian Kedua tersangka datang kemudian berusaha membangunkan korban dengan cara menggoyangkan badan namun adik korban tidak bergerak, sehingga kedua tersangka langsung membawa kabur motor milik korban

“Menurut keterangan dari pemilik motor bahwa hilangnya motornya itu saat dipakai adiknya yang dalam keadaan mabuk dan tertidur di TKP,”tutur Kapolsek.

Kapolsek menambahkan selain mengamankan keempat tersangka pihaknya juga mengamankan dua unit motor, diantaranya motor yang dicuri oleh tersangka YPH dan MH jenis honda Beat Street tanpa nomor polisi. Dan motor yang dicuri tersangka ASN dan TE jenis Yamaha Mio Soul warna biru bernomor polisi DS 3994 MY.

“Atas perbuatan keempat tersangka dikenakan pasal 363 Jo pasal 55-56 KUHPidana,”ujar Kapolsek.

Pos terkait