Polres Mimika Tangkap Pelaku Spesialis Pencuri di Jok Motor, Begini Cara Pelaku Melancarkan Aksinya

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra di damping Wakapolres dan Kasatreskrim saat menunjukan barang bukti kasus Curat dalam Press Rilis di Mapolres Mimika, Senin (11/7/2022).

Timika – Tabaos14 |Sat Reskrim Polres Mimika berhasil menangkap pelaku Pencurian dengan pemberatan (Curat) spesialis pencuri barang berharga di dalam jok motor maupun mobil yang ditinggalkan oleh pemiliknya, dalam melancarkan aksinya pelaku membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra dalam Press Rilis di Mapolres, Senin (11/7/2022) mengatakan, pihaknya baru berhasil menangkap satu orang dari beberapa pelaku lain yang belum tertangkap dan sudah ditetapkan dengan Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Pelaku yang berhasil diamankan yaitu AA dan dua orang masih DPO dalam proses pencarian. Barang bukti yang diamankan uang, HP, pakaian yang digunakan saat beraksi, helm dan perhiasan yang di beli dari uang hasil kejahatan,”kata Kapolres.

Pelaku memperagakan saat melakukan aksinya.

Cara pelaku melancarkan aksinya Kapolres menjelaskan pelaku ada tiga orang yang masing-masing memiliki peran sediri-sendiri. Ada yang sebagai eksekutor ada juga yang memiliki peranan mengalihkan perhatian korban.

“Jadi ada yang ajak bicara korban untuk mengalihkan perhatian dan eksekutor beraksi kurang dari 1 menit,” jelasnya.

Menurut Kapolres Pasal yang disangkakan kepada pelaku adalah Pasal 363 ayat 1 dan dilapis dengan pasal 65 KUHP.

“Acaman hukumannya adalah tujuh tahun penjara,” tuturnya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar menambahkan pelaku AA ditangkap di jalan Bhayangkara pada saat melakukan aksinya pada Senin (5/7/2022) pukul 17.00 WIT.

“Berbekal beberapa laporan Polisi yang masuk tim Opsnal penyidikan dan menemukan pelaku di pasar lama sedang melancarkan aksinya. Tangannya sudah masuk di jok motor langsung kami tangkap,”ungkapnya.

Pos terkait