Polres Mimika Tangkap Lagi Pelaku Penipuan Arisan Bodong

Ilustrasi penipuan arisan bodong.

Timika – Tabaos14 | Setelah mengamankan Princes pelaku penipuan arisan bodong beberapa waktu lalu, Polres Mimika kembali mengamankan pelaku lain penyelenggara penipuan arisan bodong bernama Reski (24) warga jalan Yos Sudarso SP 4 Timika.

Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar saat ditemui di Pelayanan Polres Mimika, Senin (6/6/2022) mengatakan, pelaku Reski ditangkap atas keterangan dari pelaku Maya yang berperan sebagai admin dari penipuan arisan bodong tersebut yang sebelumnya tertangkap terlebih dahulu.

“Maya dilaporkan oleh D yang merupakan Manager di salah satu rumah bernyayi yang ada di Timika dengan kerugian sebesar 40 juta. Dari hasil keterangan dari pelaku Maya kami melakukan penangkapan terhadap tersangka Reski selaku owner arisan tersebut,” kata Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim mengungkapkan tugas dari pelaku Maya tersebut sebagai admin yang mencari korban yang mau menanamkan modal. Dari hasil mendapatkan korban pelaku maya mendapatkan fee.

Adapun fee yang di dapat adalah, modal 5 juta kebawah mendapatkan fee 300 ribu, 10 juta dapat 500 ribu, 15 juta sampai 20 mendapatkan 1 juta. Kemudian modal 30 juta mendapatkan fee 2 juta dan 50 juta mendapatkan fee 3 juta.

“Untuk saudara Maya sesuai pengakuan dari saudara Resky, sudah mendapatkan fee total 90 juta,” ungkapnya.

Menurut Kasatreskrim arisan bodong yang dijalankan oleh dua pelaku ini sudah dilakukan sejak tahun 2018. Sampai dengan sekarang arisan bodong tersebut sudah diikuti oleh anggota sebanyak 51 orang dengan beberapa harga.

“Modusnya sama dengan yang dilakukan oleh Princes, malah Princes dan Reski saingan. Mereka bersaing dari pemberian bonus untuk menarik korban,” tuturnya.

Kasat Reskrim menambahkan, atas perbuatannya pelaku diancam dengan KUHP pasal 378 atan 372 dengan ancaman empat tahun penjara.

“Sementara pelaku berada di ruta Polres Mimika di 32,” ujarnya.

Pos terkait