Polres Mimika Musnahkan BB 136,39 Gram Sabu

Pemusnahan BB Sabu-sabu oleh Satreskoba Polres Mimika di Mapolres Mimika, Selasa (28/6/2022).

Timika – Tabsos14 | Satuan reserse narkoba (Satreskoba) Polres Mimika musnahkan Barang Bukti (BB) Narkoba jenis Sabu-sabu seberat 136,39 gram kiriman dari pulau madura Jawa Timur, hasil tangkapan dua dari dua tersangka M dan MH pada tanggal 10 Juni 2022 lalu.

Pemusnahan BB tersebut disaksikan oleh Badan Narkotikan Nasional (BNN) Mimika, Kejaksaan Mimika, Pengadilan Mimika serta pengacara tersangka di Mako Polres Mimika mill 32, Selasa (28/6/2022).

Selain pemusnahan BB Sabu-sabu dalam kegiatan tersebut juga dimusnahkan sisa barang bukti hasil uji lab dari 7 kasus dengan 12 tersangka sebelumnya yakni 5,46 gram sabu,28,92 gram jenis tembakau sintetis dan 0,26 gram jenis ganja.

Kasat Resnarkoba Polres Mimika AKP Mansur mengatakan, 136,39 gram sabu-sabu yang dimusnahkan itu merupakan sisa dari pembagian berat bersih awal seberat 138,72 gram.

Jadi barang bukti yang kita amankan itu ada 33 saset ukuran kecil dan 1 saset ukuran besar total beratnya 138,72 gram. 136,39 gram yang dimusnahkan, 1,02 gram untuk uji lab dan untuk pembuktian di Pengadilan itu seberat 1,31 gram,”katanya.

Sebelumnya Sareskoba Polres Mimika lakukan penangkapan kedua tersangka tersebut didasarkan dari laporan karena sering terjadinya transaksi narkotika di seputaran SP 2 dan SP 1 serta Gorong-Gorong.

Selanjutnya, tim kemudian melakukan pemantauan di wilayah tersebut dan menemukan seseorang, yang dicurigai sebagai bandar atau penempel di SP 2.

Pelaku kemudian dibuntuti dan terlihat memasuki satu penginapan di Jalan Pendidikan Timika. Dan tidak lama kemudian pelaku keluar menuju ke Gorong-Gorong.

Sekitar pukul 21.30 WIT, Tim kemudian berhasil menangkap pelaku berinisial M dan setelah digeledah, ditemukan barang bukti narkoba yang telah dikemas dengan plastik bening kecil siap edar. Satu plastik besar berisikan narkoba jenis sabu, serta alat penjualan yang disimpan dalam tas pinggang yang disembunyikan di jok sepeda motor.

Dari penangkapan M kemudian dilakukan pengembangan dan tim berhasil menangkap MH di salah satu penginapan di Jalan Pendidikan. MH diduga sebagai pengantar sabu dari Madura ke Timika, yang diterima M untuk diperjual belikan.

Dari para pelaku, polisi menyita berbagai barang bukti antara lain plastik berisi serbuk kristal diduga berisi sabu, 33 plastik kecil diduga berisi narkoba jenis sabu, 2 timbangan digital merk camry dan 2 bundel plastik klip bening.

Juga satu ponsel Nokia, Oppo, lakban kecil, sendok takar, tas selempang abu-abu. Kemudian enam bekas bungkus kuku bima pembungkus tempel serta satu unit SPM Honda Beat dengan nomor polisi PA 3258 HE.

Sedangkan dari pelaku 2 MH ditemukan uang tunai Rp 5,6 juta, 1 ponsel nokia, sepasang sepatu adidas dan tiket pesawat. Total barang bukti narkotika adalah satu ons.

Pos terkait