Polres Jayapura Amankan Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja, Salah Satunya Tertangkap di Bandara Sentani

Pers rilis penangkapan dua tersangka penyalahgunaan narkotika jenis ganja oleh Polres Jayapura, Rabu (25/5/2022).

Timika – Tabaos14 | Satuan Reserse narkoba (Sat Reskoba) Polres Jayapura berhasil mengamankan dua pelaku tindak pidana kasus narkotika jenis Ganja beserta barang bukti di waktu dan dua tempat yang berbeda. Pelaku pertama diamankan di bandara sentani, sedangkan pelaku kedua diamankan di Kompleks BTN Puskopad Doyo baru.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keteranganya menjelaskan bahwa penangkapan pertama berawal saat pelaku berinisial YA (25) hendak mengirimkan barang haram tersebut dari bandara Sentani ke Wamena pada hari Senin (23/5/2022) pagi.

“Saat dilakukan pemeriksaan melalui X-ray, petugas Avsec mencurigai barang pelaku. Setelah diperiksa, petugas mendapati 20 bungkus besar paket ganja dengan berat 1 kg dan petugas langsung mengamankan pelaku ,”kata Kabid Humas.

Lanjut Kamal setelah pelaku dan barang bukti diamankan oleh Polsek Kawasan Bandara Sentani, pelaku kemudian diserahkan ke Sat Narkoba Polres Jayapura guna proses penyidikan lebih lanjut.

“Menurut keterangan pelaku YA paket ganja tersebut akan kembali di bungkus menjadi paket-paket kecil saat tiba di Wamena,” ungkapnya.

Selanjutnya pelaku kedua SR (34) diamankan
setelah anggota Sat Reskoba mendapatkan informasi dari masyarakat, kemudian anggota langsung bergegas bergerak menuju TKP untuk mengamankan pelaku SR beserta barang bukti berupa paket ganja kering dengan berat 102 gram.

“Sehingga total barang bukti yang diamankan dari kedua pelaku sebanyak 1,1 kg. Keduanya mengakui ganja tersebut didapat dari distrik Waris Kabupaten Keerom,” ungkap Kamal.

Kamal menambahkan atas perbuatannya kedua pelaku dijerat dengan tindak pidana penyalahgunaan narkoba dengan pasal 111 ayat 1 undang-undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkoba dengan hukuman penjara maksimal 12 tahun dan denda Rp 800 juta.

Pos terkait