Kapolda Papua Pimpin Penggrebekaan Pembuatan Milo Di Mapurujaya

  • Whatsapp
Kapolda Papua Irjen Drs Paulus Waterpauw Saat Memberikan Penjelasan Terkait Penangkapan Pabrik Minuman Keras Lokal , Minggu (21/06) (Foto : Ifona Akoha)

TIMIKA – Tabaos14  |  Aparat Kepolisian Resort ( Polres ) Mimika menggrebek tempat pembuatan Minuman Lokal di Jalan Poros Mapuru Jaya Kampung Kaugapu Distrik Mimika Timur Minggu (21/6). Dari hasil penggerebekan itu petugas mengamankan seorang pelaku berinisial MW (28) serta sejumlah barang bukti alat penyulingan milo.

Penggrebekan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw didampingi Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata bersama sejumlah anggota Polres lainnya.

Muat Lebih

Kapolda Papua mengatakan, lokasi pembuatan Milo tersebut dilakukan ditengah hutan sehingga luput dari pantauan petugas.

“Ini agak sulit kita tangani, karena ini proses pembuatannya jauh dari keramaian, di hutan,” terang Paulus usai penggerebekan di TKP, Minggu (21/6).

Menurut Paulus, minuman lokal tersebut berbahaya bagi kesehatan masyarakat akibat tidak ada keterangan terkait kadar alkohol.

“Dan ini tidak ada kadar alkohol dan etanolnya. Inilah yang membahayakan kesehatan. Karena rata-rata, etanolnya itu di atas 45 persen,” terang Kapolda.

Dari penggerebekan tersebut, Polisi berhasil mengamankan terduga pelaku MW (28) dan barang bukti berupa alat penyulingan, sekop, tali tambang, 2 buah jerigen lima liter, 2 buah jerigen 20 liter dan sebilah kau pengaduk minuman.

“Kalau minuman keras Golongan C, itu sampai dengan 45 persen. Yang ini tanpa kendali, bisa lebih. Bahkan kalau dibakar itu, terbakar dia. Ini bisa mengakibatkan dua hal, kalau fisik kuat, orang bisa buta. Tapi kalau tidak, orang bisa mati,” terang Paulus. (Ifona Akoha)