Polisi Grebek Pabrik Sopi di Kampung Iwaka

Polisi saat melakukan penggrebekan pabrik sopi di Kampung Iwaka Distrik Iwaka, Senin (04/02).

TIMIKA – Tabaos14   I    Pihak kepolisian Polsek Kuala Kencana, Selasa (04/02) berhasil melakukan penggrebekan terhadap tempat pembuat minuman keras lokal jenis sopi di Kampung Iwaka, Distrik Iwaka Kabupaten Mimika.

Operasi penggrebekan tersebut dipimpin langsung Kapolsek Kuala Kencana, Iptu Yulius Harikatang bersama empat orang personil Polsek Kuala Kencana.

Operasi penggrebekan tempat pembuatan sopi tersebut dilakukan berdasarkan informasi dari warga setempat bahwa, ada aktivitas pembuatan sopi di area tersebut. Tepatnya di Kampung Iwaka Distrik Iwaka Kabupaten Mimika, bekas pabrik PT. Merdeka.

Dua orang saksi berinisial NA (61) dan MM dibawa ke Polsek Kuala Kencana untuk diperiksa oleh pihak kepolisian. Sementara pemilik rumah yang diduga sebagai pelaku pembuat sopi tersebut, tidak berada di TKP dan saat ini sedang diburu pihak kepolisian Polsek Kuala Kencana.

Kapolsek Kuala Kencana bersama personil langsung memusnakan tiga drum air campuran permentasi yang menjadi bahan baku pembuatan sopi. Pihak kepolisian juga mengaman beberapa barang bukti yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan sopi, berupa empat karung gula pasir dan vermipan.

Kapolsek Kuala Kencana, Iptu Yulius Harikatang saat ditemui di Mapolres Mimika Mile 32 Jalan Agimuga, Selasa (04/02) membenarkan peristiwa penggrebekan tersebut.

“Di TKP kemarin ada satu saksi yang cukup kenal dengan yang bersangkutan dengan pemilik rumah dari tempat itu. Saksi itu sementara kita amankan dia di Polsek. Pada saat penggrebekan rumah itu dalam keadaan tertutup, tidak ada penghuni di dalam. Kurang lebih setahun sudah aktivitas pembuatan sopi, ” kata Yulius.

Yulius mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengejaran terhadap pemilik rumah dan juga diduga kuat sebagai pelaku pembuatan sopi tersebut. (**/Samone)

Pos terkait