Polisi Bubarkan Rencana Aksi Yang Akan di Lakukan Oleh ULMWP di Mimika

Tampak aparat keamanan memberi himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakakukan aksi dan kembali kerumah masing-masing.

Timika – Tabaos14 | Aparat gabungan dari Polres Mimika dan TNI bubarkan rencana aksi tolak Daerah Otonomi Baru (DOB) yang akan dilakukan oleh sekelompok massa yang mengaku dari United Liberation Moverment for West Papua (ULMWP) dikantor DPRD Mimika, Selasa (14/6/2022).

Pantauan di lapangan tampak aparat keamanan membubarkan sekelompok massa yang berkumpul di jalan Cenderawasih dan akan melakukan aksi di kantor DPRD Mimika. Selain membubarkan dan meminta untuk kembali kerumah aparat keamanan menyita spanduk-spanduk yang akan digunakan untuk aksi.

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra saat ditemui di kantor DPRD Mimika mengatakan, dibubarkannya rencana aksi tersebut karena ada beberapa kelengkapan administrasi sebagai permohonan untuk menyampaikan aspirasi itu tidak lengkap.

“Tadi mereka paksakan untuk melaksanakan kegiatan, sehingga kami himbau dan arahkan untuk kembali ke kediaman mereka masing-masing. Koordinatornya kita amankan sementara untuk dimintai keterangan,”kata Kapolres.

Menurut Kapolres, dalam pengamanan personil gabungan baik TNI-Polri pihaknya mengerahkan pasukan sebanyak 300 personil.

“Ada dibeberapa titik yang dianalisa sebagai titik kumpulnya massa itu kita tempatkan personil juga. Tapi pengamanan itu kita lebih fokus di Kantor DPRD Mimika, karena arah mereka dimana mau melakukan aspirasi,”ungkap Kapolres.

 

Pos terkait