Polda Papua Berharap BNPT Dukung Ciptakan Kondisi Papua Yang Damai Dan Tentram

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, menyatakan bahwa hingga kini Polda melalui jajaran Direktorat Intelkam dan Direktorat Bimmas, telah melakukan berbagai kegiatan operasi keamanan di zona lintas para Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal itu diungkapkan saat menggelar rapat koordinasi penanganan Papua bersama Plt Deputi bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Brigjen Pol. Dr. Herwan Chaidir, Plt Direktur Penindakan BNPT, Brigjen Pol. Eddy Hartono, Kasubdit Intelijen Kombes Pol. Alexsander Sabar, Irwasda KBP Alferd, Dirintelkam KBP Guntur, dan Wadir Reskrim AKBP Ari P, Selasa (25/05/21) di Mapolda Papua.

Bacaan Lainnya

Adapun kunjungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ke Papua berkaitan dengan rencana giatuntuk menciptakan kondisi serta koordinasi dalam rangka mengimbangi giat OPS Nemangkawi yang saat ini masih menjadi fokus sasaran aparat penegak hukum.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Papua menyatakan, upaya ini belum maksimal dilakukan sehingga diperlukan dukungan dari BNPT, untuk memperkuat sinergi dalam menciptakan kondisi Papua yang damai, aman, dan tentram.

Tak hanya itu, Irjen Mathius D Fakhiri juga memberikan masukan serta harapannya kepada BNPT untuk dapat mendukung penuh program ataupun kegiatan yang dilakukan aparat penegak hukum, sesuai dengan Instrusksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteran di wilayah Papua.

Lebih lanjut, terkait status Organisasi Papua Merdeka (OPM) menjadi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sebagai teroris, pemerintah berharap agar status tersebut tidak membawa dampak buruk terhadap psikologis masyarakat Papua.

Karena menurutunya kebudayaan Papua harus tetap dijunjung tinggi dengan kentalnya adat serta kekerabatan masyarakat di Papua. Menindaklanjuti kunjungan BNPT di Papua, Kapolda juga berharap kegiatan Sinergisitas Antarkementerian/Lembaga dapat segera terealisasikan.

Reporter : Tim
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait