Polda Dalami Selundupan Senpi dan Amunisi dari Luar

Irjen Pol. Drs Paulus Waterpauw

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I      Polda Papua kini terus mendalami dan melacak, dugaan penyelundupan senjata api beserta aumunisi dari luar negeri ke wilayah Papua.

Penyelidikan ini dilakukan, menyusul maraknya teror penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap prajurit TNI-Polri di berbagai daerah akhir akhir ini di Papua.

“Amunisi dari mana, itu yang sedang kami lacak. Ada informasi bukan hanya dari dalam negeri tapi ada juga dari luar negeri, itu yang kami sedang lacak. Ada indikasi dari perbatasan itu juga masuk, dari Filipina itu juga masuk. Pernah juga dari Filipina lewat Maluku Utara masuk ke Sorong lalu masuk ke sini,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpuw kepada media di RSMM – Timika, Minggu (12/01).

Kapolda Waterpauw mengajak, agar seluruh masyarakat yang ada di Papua untuk memberikan informasi kepada pihaknya, jika mengetahui adanya informasi terkait dengan penyelundapan senjata api ini.

“Saya juga minta bantuan masyarakat karena kami, kepolisian ini tidak akan berhasil tanpa bantuan masyarakat. Jadi kalau masyarakat yang tau atau mendengar isu saja, tolong informasikan dengan kami,” kata Kapolda Waterpauw.

Kapolda Waterpuw juga mendapatkan informasi bahwa, ada sejumlah senjata rakitan dari daerah Lumajang – Jawa Timur dengan kondisi yang cukup modern dan beberapa diantaranya juga sudah masuk di wilayah Papua.

“Kami dapat info dari Jawa Timur, itu yang mereka ungkap di Lumajang, yaitu rakitan dan cukup modern. Ini juga katanya sudah masuk ke beberapa daerah di Papua,” kata Waterpauw.

Kapolda Waterpauw mengatakan, kasus penyelundupan senjata api dan amunisi kepada KKB menjadi pekerjaan besar dan berat yang harus ditangani oleh pihaknya dengan serius. Tentunya dengan melibatkan semua elemen masyarakat untuk mengukapkan kasus ini.(**/samone)

Pos terkait