Pimpinan DPRD Mimika Resmi Dilantik

Pengucapan sumpah janji dan peresmian pimpinan DPRD Kabupaten Mimika periode 2019-2024. (Foto : Mercy/tmk)

 

TIMIKA – Tabaos14    I     Pimpinan DPRD Kabupaten Mimika yang terdiri dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Robby Kamaniel Omaleng, S. IP., M.A bersama Wakil Ketua I, Alex Tsenawatme dan Wakil Ketua II, Johanes Felix Helayanan resmi pimpin DPRD Mimika, Rabu (26/02) dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji dan Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Mimika periode 2019-2024 di ruang paripurna.

Peresmian pimpinan DPRD Mimika ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Papua Nomor 155/80/Tahun 2020 tentang peresmian pimpinan DPRD Kabupaten Mimika periode 2019-2024.

Hadir dalam Rapat Paripurna itu Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H dan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M. Ketua Sementara DPRD Mimika, Iwan Anwar, SH., M.H. Ketua PN Mimika, I. B. Bamadewa Patiputra, SH. Forkompinda dan seluruh anggota DPRD Mimika.

Pimpinan DPRD Mimika Terlantik Menempati Posisi Meja Pimpinan dan Melanjutkan Rapat Paripurna. (Foto: Tmk/Mercy)

Sebelum menyerahkan Palu Sidang kepada Ketua DPRD Mimika, Robby Omaleng. Ketua Sementara DPRD Mimika, Iwan Anwar dalam sambutannya mengatakan, beberapa agenda yang merupakan tugas sebagai pimpinan sementara DPRD Mimika telah dilaksanakan hingga proses penyerahan palu sidang kepada pimpinan definitif.

“Sesuai Pasal 34 Ayat 3 Permen Nomor 14 Tahun 2018 tentang penyusunan Tatib DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota, pimpinan sementara DPRD bertugas memfasilitasi penyusunan Tatib dan proses penetapan pimpinan definitif,” kata Iwan Anwar.

Pada kesempatan itu juga dirinya selaku pimpinan sementara, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga tugas pimpinan sementara dapat terlaksana dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati dan wakil Bupati kabupaten Mimika dan Forkompinda dan semua pihak atas sumbangsih semua pihak, sehingga agenda ini bisa dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng usai menerima Palu Sidang mengatakan, setelah menerima palu sidang dari ketua sementara, maka tugas pimpinan sementara telah selesai dan akan dilanjutkan oleh pimpinan definitif.

“Sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada, bahwa setelah diserahkan palu sidang dalam rapat paripurna, maka tugas pimpinan sementara selesai dan ijinkan saya melanjutkan sidang ini,” kata Robby.

Mewakili seluruh anggota DPRD Mimika, Robby Omaleng mengucapkan terima kasih kepada pimpinan sementara yang telah melaksanakan 5 agenda penting. Mulai dari memimpin rapat, membahas tatib, membentuk fraksi dan menetapkan ketua definitif dan menetapkan APBD Mimika tahun 2020.

“Saya selaku pimpinan DPRD dan atas nama seluruh anggota DPRD menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua dan wakil ketua sementara, yang selama ini telah melaksanakan beberapa agenda penting lainnya dengan baik,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepan ada tugas yang berat yang akan dihadapi bersama baik Pemerintah dan DPRD dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, sesuai dengan tugas dan fungsi dewan. Karenanya, sangat diperlukan dukungan untuk bersama membangun kemitraan dengan semua pihak.

“Kami mohon dukungannya agar tugas selaku pimpinan, dapat kami laksanakan dengan baik. Kepada seluruh anggota dewan, mari kita bersatu padu memperjuangkan aspirasi rakyat,” harapnya.

Sementara Bupati Mimika, Eltinus Omaleng SE., M.H dalam sambutannya mengatakan, setelah dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Mimika dalam rangka Pengucapan Sumpah Janji dan Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Mimika ini, diharapkan kepada pimpinan DPRD Mimika agar dapat membentuk alat kelengkapan dewan sehingga tugas pokok DPRD baik legislasi, anggaran dan pengawasan bisa dilaksanakan secara maksimal

Ia menjelaskan, ada beberapa agenda pembangunan yang harus diselesaikan bersama pemerintah. Khususnya, dalam mensukseskan Pesparawi dan PON XX tahun 2020. Untuk itu, Bupati Omaleng mengajak semua pihak untuk menyatukan tujuan, menjaga keharmonisan untuk membangun Mimika sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

“Untuk itu, pada kesempatan ini marilah kita satukan langkah untuk satu visi membangun Kabupaten Mimika. Sebagaimana yang diharapkan oleh seluruh masyarakat,” jelasnya.

Bupati Eltinus berharap, hubungan kerjasama antara Pemda dan DPRD Mimika senantiasa terjalin dengan baik, sehingga tercipta suatu sinergitas selama 5 tahun kedepan dalam satu tujuan. Sehingga tercipta kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Mimika.

“Hubungan kerjasama antar lembaga tetap harus terjalin dengan baik untuk masyarakat Mimika,” harapnya. (Mrc/tmk)

Pos terkait