Pilkam Tembagapura, Hoya dan Alama Harus Diulang

Asisten I Bidang Pemerintahan, Demianus Katiob.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I   Tiga distrik di Kabupaten Mimika yang terdiri dari Distrik Hoya, Tembagapura dan Alama diminta untuk melakukan pemilihan  kembali kepala kampung, karena dinilai belum melakukan proses sesuai dengan prosedur. Prosedur yang dilakukan sebelumnya adalah melakukan pemilihan di kota, dan bukannya di kampung sebagaimana mestinya.

Demikian yang diutarakan Asisten I Bidang Pemerintahan, Demianus Katiop saat ditemui ruang kerjanya lantai dua kantor Pusat Pemerintahan, Kamis (9/1).

“Untuk Distrik Tembagapura saja, ada lima kampung yang melakukan proses pemilihan ulangnya di kota, dan salah satunya adalah Kampung Aroanop,” ujar Katiop.

Dijelaskan Demianus, sebagai Asisten Bidang Pemerintahan di Pemda Mimika, ia belum mendapatkan penjelasan secara teknis oleh dinas terkait yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), terutama menyangkut pemilihan Kepala Kampung (Pilkampung) yang dilakukan untuk tiga distrik tersebut di Kota Timika ini.

“Saya akan memanggil tim Pimilihan Kepala Daerah Kampung di Kabupaten Mimika dan dinas terkait untuk membicarakan hal ini, karena sesuai dengan proses Pilkada Kampung ini bertujuan untuk memilih kepala kampung terbaik. Sehingga regulasinya memang harus dilaksanakan di kampung dan bukannya di kota,” jelas Demianus.

Masyarakat kampung, masih dijelaskan secara Asisten I, harus terlibat penuh dalam proses Pilkampung itu, tanpa terkecuali, karena masyarakat adalah bagian dari peserta musyawarah di kampung.

“Karena pasti akan ada permasalahan yang timbul oleh masyarakat yang merasa dirugikan dan tentu akan berlanjut pada permasalah hukum, sehingga ini memang harus kita evaluasi kembali. Bila perlu harus dilakukan pemilihan ulang, sehingga nanti kita akan sampaikan juga kepada bupati untuk tidak melantik semua kepala kampung dulu,” pesan Demianus. (Lis)

Pos terkait