Pesawat Latih Jatuh di Cibubur, Polisi : Sempat Berputar Tiga kali

  • Whatsapp

Jakarta – Tabaos14|Kabid Humas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus) menjelaskan, sebelum jatuh dan masuk ke dalam rawa, Buperta Cibubur, Depok, pesawat helikopter latih jenis Robindon R44 terlebih dahulu berputar di udara selama beberapa kali.

“Menurut keterangan saksi di lapangan, pesawat tersebut tiga kali berputar di atas rawa, kemudian ada trouble sehingga jatuh,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam insiden jatuhnya pesawat tersebut. Baik antara pilot dan siswa di dalamnya berhasil diselamatkan. Pun saat ini, seluruh personel gabungan masih berada di lokasi kejadian, guna melakukan evakuasi terhadap pesawat.

“Sekarang, baik Kapolres, Dandim, dan petugas perusahaan dari sekolah latih pesawat tersebut masih berada di TKP (tempat kejadian perkara), untuk melakukan evakuasi bangkai helikopter tersebut,” imbuhnya.

Sebagai informasi, kecelakaan pesawat terjadi di Danau Buperta, Kawasan Cibubur, Kota Depok pada Jumat (28/05/2021) pukul 09.30 WIB. Pesawat yang diawaki pilot Kapten Rangga tersebut membawa seorang siswa saat insiden terjadi.

“Seorang pilot bernama (Kapten Rangga) bersama siswanya selamat dalam kecelakaan ini. Mereka dilarikan ke rumah sakit,” ujar Kasubbag Humas Polres Metro Depok (Kompol. Supriyadi).

Ia mengungkapkan, pesawat latih mengudara pada pukul 09.00 WIB dari lapangan latihan Buperta Cibubur. Pilot sempat berputar tiga kali di sekitar area latihan.

“Sempat mengudara dan berputar lokasi latihan di Buperta sebanyak tiga kali. Namun, pada putaran keempat lost contact sekitar pukul 09.30 WIB,” tuturnya.

Sementara itu, dua saksi yang tengah memancing di area danau menuturkan pesawat saat itu terbang dari arah timur tiba-tiba jatuh Rawa Jemblung. Menurutnya, pesawat tidak mengeluarkan asap atau ledakan.

“Pesawat jatuh ke danau, namun tidak meledak atau mengeluarkan asap. Saat jatuh ke air mesin pesawat masih dalam keadaan hidup, tapi beberapa saat mesin mati,” tutupnya.

Reporter : Tim
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait