Peringati Hari Bumi Sekda Minta Bersih-bersih Lingkungan Minimal Dua Minggu Sekali

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Memperingati Hari Bumi Tahun 2021, warga Mimika bersama PTFI, Organiasi kepemudaan, Dinas Lingkungan Hidup, DPD KNPI, KONI, Organisasi Cipayung, beramai-ramai melakukan bersih kota, yang dipusatkan di Graha Emeneme Yauware, Sabtu (10/4/2021).

Kegiatan Bersih kota tersebut bertemakan ‘Jadilah Bagian Dari Solusi Bukan Polusi’ selain peserta diatas juga diikuti oleh Persemi All Star, Anak Timika Milenial (ATM), Komunitas Pemuda Kei (KPK), Pemuda Sorong Raya, dan para peserta Alam Lestari.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka langsung oleh Sekda Mimika sekaligus ketua KNPI Michael R Gomar ini, menyasar pada beberapa titik, seperti Jalan Ahmad Yani, Maleo, Ki Hajar Dewantara, dan Budi Utomo.

Sekda Mimika mengatakan, kegiatan bersih kota dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bumi ini, sudah direncanakan dilakukan beberapa waktu lalu, namun baru bisa terlaksana hari ini. “Kegiatan merupakan kolaborasi antara Pemda Mimika dengan Departemen Environmental, dan DPD KNPI Mimika,” kata Sekda.

Sekda mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, Ia berharap kegiatan bersih kota bisa terus dilaksanakan. “Minimal 2 minggu sekali dengan melibatkan semua pihak,” ungkapnya.

Menurutnya bersih kota perlu terus digalakkan. Guna mendukung program pemerintah daerah dalam menciptakan kebersihan di Kota Timika. “Kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab Pemda Mimika, dalam hal DLH, namun semua pihak dan seluruh komponen masyarakat,” ungkapnya.

Sekda juga menyebut pemuda dan peserta yang ikut bersih kota harus bisa menjadi contoh untuk merubah pemikiran masyarakat dalam hal menciptakan kebersihan. Karena selama ini, menurutnya masyarakat masih kurang sadar dan peduli terhadap kebersihan. “Kalau memang kita cinta kepada Kota Timika, mari kita galakan bersih kota ini,” ujarnya.

Penerapan kebersihan di Kota Timika, kata Michael akan dipertegas dengan Intruksi Bupati Mimika, yang akan diterapkan mulai tingkat RT, kampung, kelurahan, dan distrik. Sekda mengaku saat ini Pemkab sedang merancang aturan (instruksi) tersebut dalam rangka menciptakan kebersihan. Hal itu (Intruksi) nantinya akan dikoordinasikan oleh DLH selaku dinas terkait.

Ditemui dikesempatan yang sama Kepala DLH Limit Mokodompit mengatakan, kegiatan ini merupakan kepedulian kita bersama dalam menciptakan Mimika bersih. “Hari ini mari kita semua tegaskan dan komitmen bahwa kebersihan harga mati di Mimika,” tegasnya.

Ia pun mengajak semua peserta yang hadir menjadi penggerak dalam hal menjaga kebersihan di lingkungan Kota dan tempat tinggal masing-masing.

Sementara Gensup Monitoring dan Coastal Depatement Environmental PT Freeport Indonesia Romen Rifian mengatakan, bersih Kota merupakan program dari PTFI khususnya departemen lingkungan hidup yang rutin dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bumi, yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama yang melibatkan pemerintah serta semua elemen masyarakat.

Ia berharap sinergitas seperti ini terus di tingkatkan dalam rangka mendukung program pemerintah terkait dengan lingkungan hidup. “Dengan momen ini, mari semua menegaskan dalam diri kita untuk terus menjaga kebersihan di Kabupaten Mimika yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait