Percepat Deteksi Covid PTFI Akan Gunakan Genose

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Untuk mendeteksi secara dini dan cepat virus Covid 19 PT Freeport Indonesia (PTFI) akan mendatangkan alat deteksi Genise 19. Nantinya alat tersebut akan ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu seperti di Terminal Bis Gorong-gorong dan Tembagapura.

“Nanti selain di terminal bis, akan ditempatkan di fasilitas misalnya seperti shopping center, tempat ibadah, dan mess hall,” kata Vice President Government Relations PT Freeport Indonesia, Jonny Lingga saat ditemui di gedung MPCC, Selasa (23/3/2021).

Bacaan Lainnya

Jonny berharap dengan adanya alat tersebut diharapkan dapat mempercepat deteksi dan tracing virus covid-19. Saat ini sementara untuk karyawan yang naik turun Tembagapura masih menggunakan tes usap antigen, kemungkinan kalau sudah ada alat itu baru nanti pakai itu.

“Penggunaan GeNose dinilai selain mempercepat deteksi, juga merupakan sebuah bentuk dukungan PTFI kepada produk buatan anak negeri,” tuturnya.

Ditanya jumlah yang kemungkinan akan dipesan Jonny mengungkapkan semua tergantung pada ketersediaan alat tersebut. “Kemungkinan kita pesan dibawah sepuluh lah, hanya saja sekarang tergantung ketersediaannya, cari satu saja susah,” ungkapnya.

GeNose sendiri merupakan alat test deteksi dini COVID-19melalui hembusan nafas yang dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada melalui teknologi artificial intelligense atau kecedasan buatan.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait