Penyelewengan Dana Desa di Mimika Dilidik

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika, Michael Ghomar.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika, Michael Ghomar mengungkapkan, saat ini ada beberapa kampung yang diduga melakukan penyelewengan Dana Desa (DD) tahun 2018 dan 2019. Masalah itu, saat ini ditangani Polres Mimika dan masih dalam proses penyelidikan.

“Memang ada beberapa informasi yang di dapati pihak Inspektorat dan Polres Mimika, dalam hal ini Reskrim bahwa, ada pelanggaran dan penyalah gunaan DD,” aku Ghomar di Kantor DPRD Mimika, Senin (27/01).

 

Ghomar mengungkapkan, pihaknya selaku Kepala Dinas PMK akan siap memberikan informasi apapun yang dibutuhkan oleh pihak berwajib dalam penyelidikan kasus tersebut.

“Kami dari dinas akan menyiapkan dokumen-dokumen penyaluran DD itu dan realisasi DD 2018 dan 2019 untuk diserahkan kepada Tipikor dan juga inspektorat,” ungkapnya.

Untuk berapa jumlah kampung yang melakukan penyelewengan, Ghomar menuturkan bahwa pihaknya belum mengetahui informasi dari pihak kepolisian. Tetapi pihaknya akan memberikan semua dokumen penyaluran dan realisasi DD di 133 kampung.

“Untuk jumlahnya, kami belum tahu tapi sampel dokumen pastinya kami serahkan semuanya untuk keperluan penyelidikan,” tuturnya.

Ghomar berharap, dengan adanya penyelidikan ini masyarakat bisa memberikan informasi, jika mengetahui penyelewengan DD. Hal itu agar memberikan efek jera kepada kepala kampung yang melakukan penyelewen DD.

“Kami berharap agar pengawasan DD yang dilakukan oleh Pemkab dan masyarakat bisa menjadikan pembelajaran kepada kepala kampung yang melakukan pengelolaan DD,” ujarnya. (*#/samone)

Pos terkait