Pengprov PCI Papua Kukuhkan Pengurus Pengda Mimika Periode 2022-2026

Ketua Pengprov PCI Papua, Moch El Bahar Conoras menyerahkan pataka kepada Ketua Pengda Mimika Marjan Tusang dalam pengukuhan pengurus Pengda Mimika di Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (23/6/2022).

Timika – Tabaos14 | Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Papua kukuhkan Pengurus daerah (Pengda) PCI Mimika Periode 2022-2026. Pengukuhan dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (23/6/2022).

Pengda PCI Mimika dilantik berdasarkan SK Ketua Umum Pengprov PCI Papua Nomor 02/SK-PCI-Papua/VI/2022 dengan ketua umum Marjan Tusang. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Pengprov PCI Papua, Moch El Bahar Conoras yang disaksikan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Mimika, Hendritte Tandiyono dan Sekretaris umum (Sekum) KONI Mimika Caezar Avianto Tunya.

Ketua Pengprov PCI Papua, Moch El Bahar Conoras, SE dalam sambutannya mengatakan, pelantikan pengurus PCI Mimika adalah yang pertama kalinya dilakukan di Papua. Setelah pelantikan pengurus PCI Mimika maka ke depan nanti akan melakukan hal yang sama dengan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Keerom.

“Mengapa Timika menjadi penting untuk pengembangan olahraga criket, seperti Bali yang menjadi pionir tercetusnya olahraga criket ini, di sana bukan karena banyak anggaran namun semangat yang ada sehingga olahraga ini bisa berkembang,” kata Bahar.

Menurutnya pada olahraga Criket di ajang PON XX, ternyata criket menyumbang medali emas pertama dari seluruh Cabor. Dengan kerja keras pengurus Pengprov Papua, saat ini sudah ada dua lapangan criket di Papua yang berstandar internasional. Diharapkan juga dengan kehadiran pengurus PCI Mimika bisa akan lahir bintang-bintang baru criket dari sini.

“Saya sangat yakin dari Timika juga akan lahir bintang-bintang criket dari Timika. Karena saya sudah lihat langsung anak-anak dari SMP 4 yang berbakat dan saya minta mereka bentuk tim karena saya akan buat turnamen antar sekolah,”tuturnya.

Ketua Umum Pengda PCI Mimika, Marjan Tusang mengatakan, Pengurus akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik karena saat ini pengurus adalah patriot.

“Tapi, kita bukan lagi patriot tapi kita adalah aktivis olahraga. Dan kita akan merekrut atlit-atlit criket di Mimika ini agar bisa berprestasi dan bersaing,” tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya kepengurusan ini bahwa telah membuktikan bahwa ada atlit-atlit Papua yang terbaik bisa menjuarai tingkat provinsi hingga internasional.

Kedepannya, ia berharap semua ini dapat berjalan baik dan tentunya juga dibutuhkan dengan dukungan kerja sama dari stakeholder.

“Sebelumnya kami juga tidak mengenal apa itu criket, ternyata criket ada hubungannya dengan kasti tapi cara bermainnya berbeda. Dan kami yakin bahwa di Mimika akan ada atlit-atlit criket yang berbakat,” ungkapnya.

Sementara Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Hendritte Tandiyono mewakili Pemkab Mimika mengatakan semoga ini bisa amanah yang diemban dan dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab.

Juga dengan kepengurusan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan partisipasi dalam membangun daerah dan untuk mewujudkan Mimika cerdas aman, damai dan sejahtera. Pelantikan ini menandakan bahwa PCI Mimika sudah memiliki kepengurusan yang sah dan selanjutnya akan melaksanakan program-program kerja.

“Saya yakin bahwa kepengurusan yang baru ini merupakan orang-orang yang mampu bekerja, memiliki wawasan, dedikasi dan motivasi yang kuat dalam memajukan olahraga cricket di Mimika ke Kanca regional, nasional bahkan internasional,”ujarnya.

Hendritte berharap PCI Mimika dengan kepengurusan baru dapat berperan aktif serta mendukung program pembangunan daerah khususnya dalam mengembangkan dan memberikan pembinaan terhadap anak muda untuk mengenal olahraga criket serta mengadakan turnamen-turnamen antar club criket yang ada di Kabupaten Mimika.

“Sehingga, ke depan olahraga criket akan lebih dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Mimika dan tentunya pemerintah daerah akan terlibat dan mendukung akan kehadiran criket,” ungkapnya.

Pos terkait