Pengangguran Bertambah, Tenaga Honorer Lingkungan Pemkab Mimika Di Rumahkan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Diperkirakan akan ada ribuan pengangguran baru di Kabupaten Mimika. Hal tersebut di karenakan adanya surat pemberitahuan yang ditandatangani Bupati Mimika tentang pemberhentian tenaga honorer dengan tiga pengecualian di Kabupaten Mimika.

Surat bernomor 800/313 tahun 2021 itu ditujukan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan secara resmi mulai berlaku besok 1 Juni 2021.

Bacaan Lainnya

Berikut isi surat tersebut. “Diberitahukan kepada seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah bahwa untuk tertibnya Administrasi Manajemen Kepegawaian dan Penataan Kembali Tenaga Honorer di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika, maka disampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Tenaga Honorer yang masih dibutuhkan bekerja pada Pemerintah Kabupaten Mimika antara lain:
a. Tenaga Guru yang telah bekerja pada Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika.

b. Tenaga Medis yang telah bekerja pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika.

c. Petugas Pemungut Pajak dan Restribusi Daerah yang telah bekerja pada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika.

2. Segera membuat Laporan Kebutuhan Tenaga Honorer sesuai Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah dan disampaikan kepada Bupati Mimika melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

3. Pembayaran Gaji, TTP, dan Uang Makan Tenaga Honorer yang dikelola oleh masing-masing OPD akan dikembalikan/dipusatkan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mimika.

4. Tenaga Honorer selain Tenaga Guru, Tenaga Medis dan Petugas Pernungut Pajak dan Restribusi Daerah sebagaimana tersebut pada point I (satu) huruf a, b dan c agar segera dibebaskan sementara dari tugas, dan Surat Keputusan Bupati Mimika, Surat Keputusan Pimpinan OPD tentang Pengangkatan Tenaga Honorer dinyatakan tidak berlaku lagi Terhitung Mulai tanggal : 01 Juni 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Michael R Gomar saat dikonfirmasi terkait surat tersebut mengatakan bahwa, Bupati Mimika Eltinus Omaleng memberikan arahan atau kebijakan untuk membebas tugaskan sementara tenaga honorer dalam rangka penertiban administrasi. Kebijakan merumahkan sementara tenaga honorer, kata Sekda, terhitung mulai 1 Juni 2021 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.

Namun demikian, lanjut Sekda, ada beberapa kelompok atau kriteria tenaga honorer yang tidak dirumahkan, seperti petugas medis (yang bertugas di RSUD, Puskesmas dan Pustu) tetap melaksanakan tugas. Selain itu, sebagai tenaga pendidik, mulai TK, SD, SMP, bahkan SMA juga tetap akan melaksanakan tugasnya, baik di wilayah kota maupun pesisir dan pedalaman.

“Sementara tenaga honorer yang memiliki tugas pokok sebagai pemungut pajak dan retribusi daerah, seperti di Bapenda, Dishub, Disnaker, dan Disperindag juga tetap bertugas” kata Sekda melalui pesan singkat Whats app, Senin (31/5/2021).

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait