Pemprov Papua Jadikan Mimika Titik Percepatan Kemajuan Di Papua

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemerintah provinsi (Pemprov) Papua bersama Pemkab Mimika dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua menandatangani kesepakatan mengenai pengendalian cepat menuju Papua satu harga dan pengendalian cepat menuju Mimika cerdas, aman dan sejahtera atau di singkat tag line “Pace Juara Menuju Mimika Ceria” tahun 2021 sampai 2024.

Surat kesepakatan tersebut di tandatangani secara langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Papua Klemen Tinal, Wakil Bupati (Wabup) Johannes Rettob dan Pimpinan perwakilan BI Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga dalam kegiatan high level meeting tim pengendalian inflasi daerah di hotel Grand Mozza, Selasa (30/3/2021).

Bacaan Lainnya

Surat kesepakatan bersama tersebut terdiri dari lima bab yang didalamnya terdapat beberapa poin. Adapun lima bab kesepakatan tersebut antara lain bab pertama, keterjangkauan harga. Bab dua, ketersediaan pasokan. Bab tiga, rancangan distribusi. Bab empat, komunikasi efektif. Bab lima, pembiayaan.

Wagub Provinsi Papua Klemen Tinal dalam arahannya mengatakan bahwa, pihaknya optimis bahwa Papua bisa berubah dan menjadi maju. Hal tersebut di karenakan jumlah penduduk di Papua lebih sedikit sehingga lebih mudah untuk berubah dan menjadi maju.

“Kami yakin bisa secepatnya Papua akan menjadi maju dan berubah, tapi kalau kita belum bisa berubah dan membangun berarti ada sesuatu yang salah dan keliru,” ungkapnya.

Menurut Klemen perubahan dan kemajuan bisa terjadi jika dimulai dari Kabupaten Mimika. Pasalnya jika Mimika bisa berhasil dan maju maka daerah lain di Papua akan otomatis berubah, oleh sebab itu Pemprov Papua memulai melakukan perubahan dan kemajuan Papua di mulai dari Kabupaten Mimika.

“Kata tidak mau ambil langkah keliru oleh sebab itu kami sekarang lakukan kesepakatan untuk berubah dan menjadi maju. Langsung kita buat peraturan Gubernur tentang percepatan kawasan Papua tengah dengan titik tembaknya di Papua tengah,” ungkap Wagub.

Sementara Wabup Johannes Rettob dalam arahannya pihaknya berpesan agar kolaborasi, sinergitas dan kerja sama antara pemerintah kabupaten dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Mimika betul-betul dilakukan dengan baik.

Menurut Wabup kegiatan tersebut bukanlah sekedar acara seremonial tetapi harus dilakukan tindak lanjut. Sehingga apa yang sudah menjadi kesepakatan tersebut bisa terealisasi dengan baik dan bisa berjalan dengan secepatnya.

“Kami tidak mau kita sudah lakukan tanda tangan terus tim mendapatkan SK setelah acara ini selesai terus kita lupa dengan apa yang kita lakukan ini, itu tidak boleh terjadi. Hari ini kita sepakat bahwa kolaborasi dan sinergitas kita harus secara berkelanjutan,” tegas Wabup.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait