Pemkab Mimika Uji Coba Sorgum Untuk Makanan Pokok

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan saat ini sedang melakukan pengembangan tanaman Sorgum sebagai pengganti nasi. Sorgum dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu dan nasi karena gluten free serta memiliki angka glikemik index yang rendah

“Kita ada uji coba tanam Sorgum oleh Kelompok Amole, sekitar 2 hektar di SP 6 sudah ditanami,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Alice I Wanma, di ruang kerjanya, Rabu (28/4/2021)

Bacaan Lainnya

Alice menjelaskan bahwa, kelompok Amole tersebut sudah mulai menanam pada awal bulan April, dan menjadi pilot project penanaman Sorgum di Timika, jika berhasil maka petani – petani lainnya juga akan diberikan edukasi. “Untuk sorgum masa panenya tiga bulan untuk konsumsi sebagai pengganti nasi, sementara 75 hari bisa digunakan untuk pakan ternak,” jelasnya.

Menurut Alice agar masyarakat bisa mengurangi konsumsi nasi. Pasalnya kasus Diabetes dan beberapa penyakit yang dialami oleh masyarakat Mimika termasuk banyak. “Ini tahap uji coba, kita tanam agar masyarajat nanti bisa konsumsi sebagai pengganti nasi,” tuturnya.

Alice mengungkapkan bahwa, Sorgum juga bermanfaat untuk menjadi pakan ternak sehingga para peternak bisa sedikit terbantu. “Itu kalau sorgum banyak, pakan ternak tersedia dengan sendirinya harga telur akan turun,” ungkapnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait