Pemkab Mimika Setuju Anggaran Covid 19 Melalui APBD Perubahan

  • Whatsapp
Foto : Suasana Rapat di DPRD Kabupaten Mimika
Foto Lis : Suasana Rapat di DPRD Kabupaten Mimika

TIMIKA – Tabaos14  |  Pemkab Mimika dalam hal ini Bupati Eltinus Omaleng sangat setuju usulan DPRD Mimika mempercepat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, sehingga anggaran pengendalian Covid 19 di Kabupaten Mimika di dorong melalui APBD Perubahan. Pasalnya anggaran yang dikeluarkam saat ini tidak cukup untuk penanganan Covid 19.

“Saya sangat setuju sekali karena pada waktu pertamakali saya tidak mengira bencana seperti ini, sehingga saya tau ada uang SILVA 100 Milyar Ternyata itu tidak cukup,” kata Bupati di hadapan para anggota DPRD Mimika saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di kantor DPRD Mimika, Jumat (8/5)

Bacaan Lainnya

Menurut Bupati meskipun Mentri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan menginstruksikan agar menggunakan atau memotong anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki anggaran besar,tetapi di dalam DPAnya tetap 4 Triliun 200 Milyar.

“OPD harus paham, karena banyak yang beranggapan ini  dan itu, ada yang bilang ini tim potong-potong tidak koordinasi, DPA itu masih tetap tidak akan hilang,” tutur Bupati.

“Banyak OPD yang mengeluh anggarannya kosong sedangkan kontrak sudah jalan, kontrak yang sudah jalan ya jalankan saja,” tambahnya.

Bupati menjelaskan bahwa jika terjadi pemotongan untuk Covid 19 silahkan pihak ke tiga tanda tangan sesuai DPA yang ada di masing-masing OPD. Jika kontrak sudah berjalan silahkan jalan terus, tetapi di tahun anggaran 2021 dia akan muncul tetap 4 Triliun 200 Milyar. Sekda sudah menyampaikan bahwa pekerjaan di bawah 5 Milyar harus dikosongkan.

“Kecuali kita belum jalankan kontrak itu dipending dulu. Kontrak yang sudah jalan ya jalan saja dengan anggaran yang ada,” jelasnya.

Bupati mengungkapkan bahwa apa yang diusulkan DPRD Mimika sepemikiran dengan Pemkab Mimika. Pasalnya setelah ditetapkannya APBD Perubahan maka anggaran Covid 19 bisa dianggarkan tersendiri, sehingga jelas anggaran pastinya berapa yang akan dianggarkan untuk keperluan penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Mimika.

“Memang kami pikir-pikir dari pada kita berandai-andai lebih baik kita tetapkan APBD Perubahan dulu. Kalau sudah ditetapkan baru kita jelas untuk anggaran Covid 19 sekian supaya jelas,” ungkapnya. (Lis)

  • Whatsapp

Pos terkait