Pemkab Mimika Segera Tertibkan ASN Titipan Dari Kabupaten Lain

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemerintah Kabupaten Mimika memutuskan tidak akan lagi membayarkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) kepada Aparatus Sipil Negara (ASN) titipan dari Kebupaten lain yang bertugas di Kabupaten Mimika. Selain itu sesuai dengan Peraturan Bupati pegawai titipan tidak bisa menduduki jabatan struktural.

Sekda Mimika Michael Gomar menjelaskan bahwa saat ini kurang lebih mencapai 60 orang ASN titipan dari luar Kabupaten Mimika yang melaksanakan tugas atau di Kabupaten Mimika. “Kami akan lakukan penataan dengan memanggil kembali dan bertemu mereka, untuk melihat sesuai dengan peraturan Bupati,” kata Sekda saat ditemui di kantor Bappeda Mimika, Senin (19/4/2021).

Bacaan Lainnya

Gomar mengungkapkan bahwa sesuai dengan aturan pegawai titipan tidak boleh berlama – lama melaksanakan tugas di Kabupaten Mimika. Namun jika masih mau menjadi pegawai titipan, maka dua bulan sebelum satu tahun, harus sudah mengajukan surat permohonan perpanjangan kepada Bupati Mimika.

“Apabila disetujui maka akan dilanjutkan dan diberikan kesempatan lolos butuh lagi, bagi pegawai titipan di kabupaten Mimika,” ungkapnya.

Gomar menjelaskan apabila yang bersangkutan menjadi pegawai titipan di Mimika tidak melaksanakan tugas dan tidak membantu pelaksanaan kegiatan di OPD maka pimpinan OPD bisa membuat laporan kepada Bupati melalui Sekda. “Bahwa yang bersangkutan adalah pegawai titipan yang tidak melaksanakan tugas secara aktif untuk membantu kinerja organisasi,” katanya.

Dalam mengajukan perpanjangan, akan ada beberapa pertimbangan yang menjadi kewenangan kepala OPD apakah yang bersangkutan aktif atau tidak dalam menjalankan tugas. “Jadi pegawai titpan hanya sebagai pegawai yang dititipkan sementara waktu dengan alasan tertentu mengikuti suami, istri atau pun keluarga dan sementara bekerja di Timika dan yang bersangkutan akan bersedia untuk mematuhi semua aturan kebijakan dari pemerintah Kabupaten Mimika, dan juga ikut aturan kepegawaian,” jelasnya.

Menurut Gomar untuk ASN yang ingin menjadi pegawai titipan di Kabupaten Mimika, harus menyurat resmi ke Bupati Mimika, dan apabila disetujui maka yang bersangkutan akan mendapatkan surat persetujuan lolos butuh sebagai pegawai titipan di Mimika.

Didalam surat pernyataan lolos butuh tersebut kata Gomar, pegawai titipan harus menyatakan bahwa akan melaksanakan tugas dan secara aktif dan membantu Pemda Mimika dalam bertugas selama di Kabupaten Mimika.

“Kita harus benahi ini smua sehingga administrasi kepegawaian dan juga administrasi keuangan untuk penganggaran anggaran dan pembiayaan pembayaran hak hak dari pegawai bisa lebih terdata dengan jelas,” tuturnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait