Pemkab Mimika Segera Daftarkan Jaminan Ketenagakerjaan Untuk ASN Dan Honorer

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dalam menindak lanjuti Perda No 4 tahun 2019 tentang jaminan sosial ketenagakerjaan Pemerintah Kabupaten Mimika berencana untuk mendaftarkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Honorer di lingkup Kabupaten Mimika ke dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Assisten 1 Sekda Mimika yang juga sekaligus Ketua tim pemantau penerapan Perda No 4 tahun 2019, Yulius Sasarari mengatakan wacana tersebut masih dalam tahapan pembicaraan, menurutnya rencana tersebut harus dibuat dalam bentuk peraturan bupati (perbup) sebagai dasar pelaksanaan.

Bacaan Lainnya

“kita kumpulkan semua kepada OPD, lalu OPD usulkan,” kata Sasarari saat ditemui di pusat pemerintahan Kabupaten Mimika, Kamis (18/2)

Menurut Sasarari, amanat Perda memang harus di amanat kan melalui APBD, tetapi juga harus didukung oleh skema yang baik dan perencanaan dan dasar yang jelas. “Memang harus di sosialisasikan ke honorer termasuk ASN juga makanya nanti kita kumpul pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lalu kita bicarakan,” tuturnya.

Sasarari mengungkapkan bahwa Pemkab Mimika akan membahas tentang skema pembayaran yang mungkin dilakukan. “khususnya yang ASN masuk di daftar gaji lewat di potongan apa begitu, terus kalau dorang di honorer apa juga begitu,” ungkapnya.

Sasarari menambahkan saat ini pembahasan pun baru dilakukan dalam tingkat tim guna menyusun perbup. “Itu (rencana pendaftaran) nanti kita bahas di tim dulu skemanya bagaimana setelah itu baru kita tuangkan didalam perbup,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan terkait jaminan BPJS ketenagakerjaan bagi ASN dan Honorer masih akan dibicarakan dan semua bergantung kepada APBDP 2021 juga persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika.

“kalau ASN kemungkinan nya bisa memakai program, yaitu dana Koperasi atau Bapertarum, kalau honorer opsinya potong gaji sebagai iuran, tapi semua masih rencana, nanti kita lihat kedepan seperti apa,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait