Pemkab Mimika Sebut Penanggulangan Covid Dianggarkan Oleh Masing Masing OPD

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan bahwa Pemkab Mimika tidak menganggarkan secara khusus untuk penanggulangan Covid 19, tetapi anggaran untuk Covid 19 tersebut dianggarkan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati menjelaskan bahwa, untuk anggaran Covid masing-masing OPD terkait memasukkan program yang berkaitan dan penanganan Covid 19. Sehingga Pemkab Mimika tidak menganggarkan lagi secara khusus seperti tahun kemarin.

Bacaan Lainnya

“Kenapa begitu, masalahnya kami takut sedikit-sedikit diperiksa. Jadi kita tidak lagi anggarkan besar-besaran seperti kemarin, sehingga anggarannya ada di masing-masing OPD dan yang tanggung jawab masing-masing Dinas beda dengan untuk TNI POLRI bisa dianggarkan dengan hibah,” jelas Bupati yang ditemui Senin (15/6) kemarin.

Pertimbangan lain yang dilakukan dengan tidak menganggarkan secara khusus untuk penanggulangan Covid 19 tersebut dikarenakan Pemkab Mimika masih harus membayar hutang pada pihak ketiga yang harus di bayarkan tahun ini.

Sementara mantan Pj Sekda Mimika Jeni Usmani menambahkan bahwa terkait anggaran Covid sudah disepakati melekat pada OPD. “Contoh Dinas pendidikan di Satgas kan ada di seksi perubahan perilaku, jika ada pembiayaan yang muncul saat menjalankan tugasnya maka akan di biayai oleh dinas pendidikan lewat anggaran yang ada di Dinas,” jelas Jeni.

Jeni menambahkan untuk konsumsi TNI Polri yang melakukan jaga malam saat pembatasan sosial anggarannya ada di Sekretriat Daerah. Selain itu juga untuk konsumsi rapat terkait Covid 19 juga anggarannya terdapat di Sekretariat daerah. “Jaga malam waktu itu untuk TNI Polri dianggarkan untuk makan 20 orang setiap malam selama satu tahun. Selanjutnya juga makan minum rapat juga di biayai oleh sekretariat daerah,” tutur Jeni.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait