Pemkab Mimika Putuskan Pulangkan Warga Pengungsi Tiga Kampung Di Tembagapura Sabtu Ini

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Setelah melakukan pertemuan antara Pemkab Mimika bersama dengan TNI Polri, akhirnya menyepakati memulangkan warga pengungsi dari tiga kampung yaitu kampung Banti 1, Banti 2 dan Opitawak kekampungnya Distrik Tembagapura, pada Sabtu (16/1) ini.

Pertemuan yang berlangsung tertutup itu, dipimpin oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, serta dihadiri oleh Wabup Mimika Jhon Rettob, Kapolres Mimika AKBP Era Adhinata dan Dandim 1710/ Mimika yang digelar di hotel Grand Mozza, Kamis (14/1).

Bacaan Lainnya

“Sesuai keputusan rapat bersama, masyarakat tiga kampung akan dipulangkan. Nanti akan didata oleh tim yang sudah dibentuk kemarin, mana yang akan naik mulai yang tua-tua sampai dengan anak muda,” kata Bupati Eltinus Omaleng saat memberikan keterangan pers didampingi Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob.

Menurut Bupati Omaleng, proses pemulangan dilaksanakan secara bertahap dikarenakan keterbatasan sarana transportasi. Pemkab Mimika juga akan memberikan bantuan kepada pengungsi baik sosial, logistik, pendidikan, hingga kesehatan untuk mendukung masyarakat di kampung mereka.

“Nanti setelah dipulangkan baru kita akan berikan bantuan. Bantuan ini nanti disiapkan oleh Pemkab dan PTFI, kita akan bagi tugas,” terangnya.

Bupati Omaleng menambahkan, pemulangan mereka rencananya akan dilakukan setelah fasilitas sarana dan prasarana di tiga kampung tersebut sudah diperbaiki. Namun karena warga terus mendesak akhirnya diputuskan untuk memulangkan mereka secepatnya.

“Pemulangan warga tiga kampung tersebut rencananya dilakukan setelah seluruh sarana dan prasaran di tiga kampung mendukung. Tetapi karena mereka desak terus dengan demolah dan segala macam itu, kita putuskan mereka harus pulang,” ungkapnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait