Pemkab Mimika Punya Toko Tani Untuk Mama Papua yang Akan di Buka Dalam Waktu Dekat

Tampak bangunan Toko Tani Mama-mama Papua yang telah rampung dibangun di samping Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5, Timika.

Timika – Tabaos14 | Toko Tani yang dibangun oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika untuk membantu penjualan hasil kebun Mama-mama Papua telah rampung 100 persen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mimika, Yulius Koga kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/8/2022) mengatakan, toko seluas 7 x 10 meter itu direncanakan akan dioperasikan dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat akan dibuka. Sementara kami masih sosialisasi untuk kasih pemahaman dulu kepada Mama-mama agar nantinya dapat beroperasi dengan baik. Jadi nanti kami akan beli mereka punya hasil kebun,”kata Yulius.

Lebih lanjut Yulius menjelaskan, Toko Tani ini juga nantinya akan berkontribusi dalam menyeimbangkan harga pasar.

“Bahkan harganya akan lebih murah dari harga pasar karena dalam setahun kita bakal sediakan uang sebesar Rp 500 juta untuk mensubsidi komoditas yang dibeli dari mama-mama Papua,” jelas Yulius.

“Kalau uang itu sudah habis sebelum satu tahun, maka harga jual komoditasnya akan kita normalkan kembali sesuai dengan harga umum,” imbuhnya.

Yulius menyebutkan, komoditas yang nantinya akan dibeli dari hasil kebun nama-mama Papua yakni sayur-sayuran, singkong, betatas, telur, daging, dan sebagainya.

Untuk diketahui, Toko Tani ini dibangun dengan menggunakan dana Otonomi khusus sebesar Rp 700-an juta.

“Program ini ke depan akan terus kita kembangkan agar Mama-mama Papua lebih merasakan lagi manfaatnya,” pungkasnya.

 

Pos terkait