Pemkab Mimika Larang Buka Puasa Bersama, Open House dan Halal Bihalal

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Mengacu Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 800/2784/SJ pada tanggal 4 Mei 2021, tentang pelarangan kegiatan buka puasa pada Bulan Ramadan dan kegiatan open house serta halal bihalal pada hari raya Idul Fitri 1442 H/tahun 2021

Untuk itu Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menginstruksikan larangan buka puasa bersama, open house dan halal bihalal pada hari raya Idul Fitri. Instruksi Bupati Tersebut nomor 8 tahun 2021 tentang hal tersebut dalam rangka mencegah dan memutuskan mata rantai corona virus disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Mimika.

Bacaan Lainnya

Melalui instruksi itu Bupati meminta kepada para pemimpin organisasi perangkat daerah/vertikal, pimpinan TNI/Polri, pimpinan BUMN, BUMD dan perusahaan swasta, para tokoh dan pimpinan agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan seluruh masyarakat Kabupaten Mimika dilarang melakukan kegiatan buka puasa bersama melebihi keluarga inti ditambah lima orang selama Bulan Ramadhan 1442 Hijriah/2021.

Berikutnya semua pihak dilarang melakukan open house dan halal bihalal dalam rangka hari raya Idul Fitri tahun ini. Pelaksanaan instruksi ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab Satpol PP Kabupaten Mimika dan Polres Mimika. Instruksi Bupati Mimika ini ditandatangani di Timika, pada tanggal 5 Mei 2021.

Menanggapi hal ini Ketua MUI Mimika, Ustad H.Muh Amin mengatakan kegiatan halal bi halal hanya dilakukan secara virtual. Sementara kegiatan buka puasa bersama juga membatasi jumlah orang yang hadir.

Ketua MUI mengatakan dalam 10 hari terakhir menjelang Idul fitri memang sudah jaga jarak karena banyak yang sudah tidak ke masjid dengan berbagai alasan. “Memang kita batasi jumlah orang yang hadir apalagi orang sakit, kita tdk izinkan hadir, lalu prokes 3M tetap berjalan. kita terus memantau dan mengingatkan,”katanya via WhatsApp, Kamis(6/5).

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait