Pemkab Mimika Kembali Terima WTP, Ini Empat Kriteria Yang Jadi Penilaian BPK

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika – Provinsi Papua kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke enam kalinya yang di nilai dari atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Mimika Tahun 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, yang di nilai dari empat Kriteria.

Kepala Inspektorat Kabupaten Mimika, Sihol Parningotan mengatakan bahwa dalam melakukan pemeriksaan LKPD empat kriteria yang menjadi pedoman BPK yaitu, kesesuaian dengan standar akutansi pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan undang – undang dasar UUD), dan efektifitas sistim pengendalian intern.

Bacaan Lainnya

“Dengan hasil audit LKPD yang sudah diserahkan kepada BPK sehingga Pemkab Mimika meraih predikat WTP,” kata Sihol saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/6/2021).

Sihol mengungkapkan predikat WTP atas LHP LKPD ini ada beberapa catatan yang dikantongi oleh Pemkab Mimika dari BPK dan akan diperbaiki dalam kurun waktu 60 hari.

“Tetapi apapun pandangan masyarakat terkait predikat WTP yang diraih Pemkab Mimika itu merupakan satu kewajaran yang menjadi masukan untuk pembangunan Kabupaten Mimika yang lebih baik,” ungkapnya.

LKPD Kabupaten Mimika dengan opini WTP tersebut diserahkan di Jayapura dan diterima langsung oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Mimika, Alex Tsenawatme.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait