Pemkab Apresiasi Wilayah Perbatasan Mimika Jadi Priorita Presiden

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M.

TIMIKA – Tabaos14    I    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika memberikan apresiasi kepada pemerintah Pusat dalam hal ini, Presiden Jokowi memasukkan wilayah perbatasan Kabupaten Mimika yang berbatasan dengan luar negeri sebagai prioritas program Presiden yaitu Pembangunan Prioritas Wilayah Perbatasan.

Wakil Bupati Mimika, Sabtu (15/02) mengatakan, selama ini Kabupaten Mimika yang nota-bene berbatasan dengan luar negeri tidak pernah dimasukkan dalam surat keputusan apapun sebagai daerah yang perbatasan dengan luar negeri.

“Kita sebenarnya perjuangkan hal ini sudah lama tapi puji Tuhan Presiden kirim tim dari Badan Nasional Pengelolah Perbatasan (BNPP) dan menyatakan bahwa, di Mimika ini ada lima Distrik yang masuk dalam wilayah perbatasan yang berbatasan dengan luar negeri yaitu Australia. Antara lain Distrik Mimika Timur Jauh, Jita, Mimika Timur, Mimika Timur Tengah dan Mimika Barat,” kata Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob di Hotel cenderawasih 66.

Wabup menjelaskan, pihak tim BNPP akan turun ke lapangan untuk melihat kebutuhan-kebutuhan apa yang dibutuhkan untuk dilakukannya pembangunan sesuai dengan program Presiden tersebut. Setelah melihat kebutuhan yang ada di wilayah perbatasan tersebut, tim BNPP dan Pemkab Mimika akan menginventarisir kebutuhannya sesuai dengan RPJMN untuk membangun wilayah perbatahan itu.

Lebih jauh dikatakan Wabup Rettob juga, tim dari BNPP didampingi Pemkab Mimika dalam melakukan inventarisir kebutuhan pembangunan di perbatasan itu. Hasilnya akan diserahkan atau dilaporkan ke Presiden Jokowidodo.

“Kemudian, kita akan bikin blue-print (cetak biru) secara keseluruhan. Sesudah itu, kita serahkan kepada BNPP dan mereka akan teruskan kepada Presiden. Tapi sebelumya, mereka akan presentasikan dulu kepada kita. Dalam blue-print itu berisi tentang apa yang pemda bisa buat, propinsi bisa buat dan Negara bisa buat,” jelasnya.

Untuk apa saja yang diakomodir oleh Pemerintah Pusat terkait apa saja yang akan dilakukan pembangunan di wilayah perbatasan tersebut, Wabup Rettob mengungkapkan, Pemda Mimika juga belum mengetahui apa-apa saja pembangunan itu. Tapi Wabup mencontohkan, seperti pengembangan SKPT akan dilakukan oleh pemerintah Pusat.

“Seperti bidang pendidikan mulai SD sampai SMP, itu kita yang lakukan dan selanjutnya tingkat SMA mungkin propinsi dan lain sebagainya itu contoh,” ujarnya.(*#/samone)

Pos terkait