Pemerintah Tambah Kamera CCTV Cegah Kejahatan

Suasana ruas jalan Budi Utomo yang jadi salah satu sudut Kota Timika padat kendaraan dan manusia.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14     I     Semakin maraknya kasus tindak kriminal yang terjadi di Kota Timika seperti kasus begal yang terjadi beberapa hari lalu hingga mengakibatkan korban jiwa, Pemerintah Mimika pun menambah jumlah Kamera CCTV pada titik-titik rawan yang ada di Kabupaten Mimika.

Penambahan CCTV tersebut sudah direncanakan untuk tahun 2020, sehingga akan dilakukan penambahan pemasangannya segera.

“Kami sudah data, mana titik-titik yang rawan dan tahun ini memang ada penambahan pemasangan Kamera CCTV dari jumlah yang ada sekarang 10 Kamera CCTV, ” kata Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Johannes rettob di kantor Bappeda, Jumat (24/01).

Wabup Mimika mengungkapkan, pihaknya sangat menyayangkan kasus-kasus begal yang terjadi tersebut pada titik-titik yang tidak terpantau Kamera CCTV. Jadi, pihaknya melalui command center dan sudah bekerjasama dengan pihak ke Polisi an akan memaksimalkan pemasangan Kamera CCTV tersebut.

“Kita memang sudah kerjasama dengan kepolisian, hanya saja terjadinya begal itu memang tidak terjadi pada titik yang ada CCTV. Kalau kerjasama dengan kepolisian itu, sudah pasti dan fungsi comad center salah satunya utuk itu,” ungkapnya.

Wabup Rettob menambahkan, untuk penambahan Kamera CCTV itu akan dilakukan dalam tahun ini. Pemkab Mimika juga akan melakukan pemasangan CCTV sebanyak 20 CCTV, yang ditempatkan di titik-titik yang memang dinilai rawan. Pihaknya akan memaksimalkan fungsi command center untuk menekan angka kriminalitas di jalanan dan menuju Mimika Smart City.

“Untuk jumlah pastinya, tanyakan langsung sama Dinas Kominfo, siapa tahu lebih dari 20. Nanti lihat saja, siapa saja yang tertangkap kamera melakukan kejahatan pasti akan ditangkap,” ujarnya. (*#/samone)

Pos terkait