Pemerintah Pusat Terus Mencari Formula Terbaik Tanpa Mengabaikan Unsur Hak Asasi Di Papua

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dalam rangka membangun kesejahteraan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar dialog bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, para Bupati, Unsur Forkopimda Papua dan PT Freeport Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika Papua, Jumat (11/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan menyusul banyaknya kekerasan yang terjadi di tanah Papua menjadi duka bagi Indonesia. Tidak sedikit masyarakat sipil menjadi korban kelompok bersenjata yang kini resmi dilabeli sebagai “teroris” oleh pemerintah. Sejak penetapan tersebut, pemerintah pun tidak berhenti mencari formula terbaik tanpa mengabaikan unsur hak asasi masyarakat Papua.

Bacaan Lainnya

Kepala BNPT, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH menjelaskan pemerintah saat ini berusaha memberikan perlindungan kepada masyarakat, mencegah, sekaligus menghentikan kekerasan. Upaya ini direalisasikan melalui pendekatan lunak yakni pembangunan kesejahteraan agar masyarakat merasakan kehadiran dan kepedulian negara.

“Yang bisa kami lakukan untuk membangun kesejahteraan mereka yang merasa termarjinalkan, melakukan pembangunan fisik dan non fisik, membangun nilai￾nilai kebangsaan yang belum ada,” jelas Boy.

Boy mengungkapkan disamping itu, pendekatan kultural harus dilakukan bagi masyarakat Papua yang masih sangat kental dengan unsur budaya dan adatnya. Peran tokoh adat jadi sangat penting dalam meredam konflik, dalam memberikan pemahaman dan pengertian terhadap nilai yang arif dalam kehidupan bermasyarakat.

“Siapa saja yang ada di tanah Papua jadi punya karakter yg cinta tanah air, cinta keberagaman sehingga mampu hidup berdampingan,” ungkap mantan Kapolda Papua itu.

Boy menambahkan upaya menciptakan perdamaian ini harus didukung oleh seluruh komponen negeri baik pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat. Ia mendorong unsur
pemerintah dan masyarakat Papua untuk memberikan wawasan kebangsaan untuk mendongkrak kecintaan masyarakat terhadap negeri. Dengan begitu, proses pembangunan yang dilakukan pemerintah di tanah papua dapat terselenggara dengan baik dan membawa manfaat bagi masyarakat.

“Mari kita hantarkan masyarakat Papua jadi aman dan damai untuk melahirkan kesejahteraan,”ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait