Pemberhentian Pegawai Honorer Diperkirakan Mempengaruhi Pelayanan Kesehatan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mengklaim permberhentian tenaga honorer akan berdampak pada pelayanan Kesehatan. Pasalnya Dinkes Mimika masih kelurangan 211 Tenaga kesehatan (Nakes).

Kepala Dinkes Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan jumlah tenaga kesehatan harus sesuai dengan jumlah penduduk atau jumlah kepesertaan. Analis kebutuhan tersebut telah disampaikan kepada Bupati Mimika selaku pimpinan untuk di pertimbangkan.

Bacaan Lainnya

“Dalam rapat kerja bersama Bupati Mimika kami sudah buatkan analis beban kerja. Dari 720 sekian honorer yang telah diverifikasi, kami masih kekurangan dan membutuhkan nakes sekitar 211 orang meliputi 100 orang nakes dan sisanya tenaga non kesehatan,”Kata Reynold di ruang kerjanya, Rabu (2/6/2021).

Menurut Reynold enambahan nakes tersebut untuk mengisi beberapa fasilitas kesehatan yaitu Puskesmas yang baru dibangun yaitu di Tapormai, Mapar dan Ipaya, sehingga masih kekurangan tenaga kesehatan.

“selain itu untuk mengisi beberapa fasilitas yang baru dibangun, menindaklanjuti rekomendasi BPK RI terkait audit kinerja bahwa di era jaminan kesehatan minimal ada tenaga kesehatan esensial, dan mau tidak mau harus ada, dan semua fasilitas kesehatan sudah ada MoU dengan BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Reynold menambahkan, apa yang dilakukan oleh Pemda Mimika terkait dengan rasionalisasi tenaga non ASN tujuannya baik. Intinya adalah tenaga yang bekerja bisa betul-betul sesuai dengan kinerja, kemudian diimbangi dengan upah yang diterima.

“Jadi beban kerja dan kebutuhan tenaga itu, menjadi suatu hal yang hrus dipikirkan oleh pemerintah daerah,”Ungkapnya.

Sementara sekretaris Dinkes, Marselino Mameyau menambahkan tenaga kesehatan dan para staf yang ada di kantor tetap bekerja seperti biasa. “Jika tidak dibutuhkan lagi pasti akan dirumahkan, tapi saat ini kita malah kekurangan nakes karena untuk mengisi fasilitas kesehatan yang baru dibangun,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait